Pembukaan pelantikan Lembaga Kemahasiswaan (LK) Se Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM - (Foto: Asmita - Profesi)
Pembukaan pelantikan Lembaga Kemahasiswaan (LK) se Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM – (Foto: Asmita – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Lembaga Kemahasiswaan (LK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM), sepakat menolak aturan lembaga kemahasiswaan yang di instruksikan oleh Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD III) FMIPA, Syukri Nyompa.

Instruksi yang di lontarkan oleh Sukri Nyompa yaitu perubahan seluruh nama himpunan menjadi Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) lalu di ikuti nama jurusan ataupun prodi.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FMIPA, Muhammad Chaeril Ikramullah mengungkapkan ketidak sepakatannya dengan aturan tersebut. Menurutnya instruksi PD III FMIPA perlu dipertimbangkan oleh semua himpunan. Karena landasan yang di nyatakan birokrasi belum jelas. Sehingga masih perlu untuk di pertanyakan lebih lanjut.

“Ini masih menjadi bahan diskusi teman-teman himpunan terkait perubahan nama. Beberapa himpunan juga masih mempertimbangkan untuk melakukan perubahan nama karena landasannya belum jelas,” ungkap Chaeril saat dihubungi, Jumat (12/1).

Salah satu alasan Mahasiswa Biologi ini untuk mempertimbangkan instruksi PD III tentang perubahan nama karena menurutnya sebuah nama dalam lembaga sangat penting dan sakral. Karena nama adalah satu hal dasar dalam lembaga. Sehingga untuk mengubahnya juga tidak serta merta.

“Tentunya kita tidak sepakat jikalau nama setiap himpunan mesti diubah dengan alasan yang kurang jelas. Sehingga ini masih perlu untuk didiskusikan lebih lanjut,” ujar Chaeril.

Menurut Chaeril, landasan PD III ada dalam Peraturan Lembaga Kemahasiswaan UNM pada pasal 18. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa Jenis Organisasi kemahasiswaan dintingkat jurusan adalah Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) dan di tingkat prodi adalah Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

“Tidak disebutkan bahwa lembaga tersebut mesti menggunakan nama HMJ/HMPS. Sebagaimana kita ketahui bahwa sebuah aturan itu tidak boleh multitafsir dan harus jelas,” tandasnya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini pun menyebutkan bahwa instruksi ini sudah ada sebelum musyawarah yang dilakukan semua himpunan sebelumnya. Namun hingga saat ini, ada beberapa himpunan yang masih bersikukuh mempertahankan dan ada yang telah mengubah nama menjadi HMJ dan HMPS.

“Teman-teman masih memperjuangkan bersama-sama untuk mencari jalan keluar terbaik. Namun masih ada beberapa himpunan yang tidak merubah dan sudah ada juga yang merubah,” ucapnya.

Dari enam himpunan yang ada di FMIPA, ada dua telah mengubah, Himpunan Mahasiswa Matematika sebelumnya Himatika menjadi HMJ Matematika. Kemudian Himpunan Mahasiswa Statistika sebelumnya Himastat menjadi HMPS Statistika.

“Yang belum itu dari Jurusan Biologi, Kimia, dan Fisika,” tutupnya. (*)


*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0