(Foto: Dok. Profesi)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) – (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Situs perangkingan web perguruan tinggi (PT) di dunia, Webometrics kembali meluncurkan peringkat terbaru untuk bulan Januari 2018. Berdasarkan data terakhir, Universitas Negeri Makassar (UNM) menduduki peringkat ke 86. Padahal di bulan Maret lalu, kampus orange tersebut masih menempati posisi 81.

Untuk peringkat global, sebelumnya UNM berada di posisi 5.595. Sementara saat ini, hanya di peringkat ke 6.148. Penghujung 2017, tiga besar masih dikuasai oleh perguruan tinggi negeri Amerika Serikat. Masing-masing ialah Harvard University, Standford University, dan Massachusetts Institute of Technology.

Sedangkan skala nasional, Universitas Gadjah Mada (UGM) menduduki posisi pertama, kemudian disusul Universitas Indonesia (UI), dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Sama halnya dengan UNM. Universitas Hasanuddin (UH) sendiri juga turun satu tangga ke peringkat 14. PT lainnya, yakni Universitas Islam Negeri Alauddin (UINAM) tetap berada di posisi 55.

Pemeringkatan Webometrics menggunakan empat indikator. Di antaranya, jumlah halaman web (presence), domain web yang tertangkap oleh search engines (visibility), jumlah halaman pdf menurut google (openness), jumlah paper, dan sitasi yang tertangkap dalam kurun lima tahun (excellence). (*)


*Reporter: Muh. Agung Eka S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0