Liburan. (Foto: Int)
Liburan. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Liburan semester tentunya menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh mahasiswa. Apalagi, libur semester diagap sebagai waktu yang paling tepat untuk melepas rehat dan penat setelah rutinitas kuliah yang padat.

Tak jarang, mahasiswa justru memanfaatkan waktu liburan dengan pulang ke kampung halaman, adapula yang piknik refreshing. Tak sedikit pula, mahasiswa memanfaatkan lburannya hanya dengan tiduran dan bermain game di kosan.

Nah, biar waktu liburanmu terasa jauh lebh manfaat, tujuh hal berikut dapat membantumu mengatasinya.

1. Mengikuti kursus atau training untuk mengasah skill tertentu

Kegiatan pertama yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester adalah dengan mengikuti kursus, pelatihan atau training untuk mengasah skill tertentu. Pilihlah jenis pelatihan atau training dengan biaya yang relatif terjangkau dan sesuai dengan minat teman-teman. Sesuaikan pula dengan durasi waktunya sehingga tidak melebihi waktu liburan teman-teman. Bisa berupa training desain grafis, training presentasi, public speaking, bahasa inggris, TOEFL Preparation, dan sebagainya. B

2. Menjadi relawan untuk proyek-proyek sosial

Menjadi relawan? Ya, menjadi relawan. Artinya kamu menjalani suatu pekerjaan tanpa bayaran atau imbalan tertentu. Proyek pembersihan dan pengecatan mushola di kampus atau menjadi relawan pada pelatihan keterampilan robotik untuk keteknikan juga bisa jadi alternatif. Menjadi relawan di banyak proyek sosial juga dapat membantumu dalam beasiswa perguruan tinggi di luar negeri loh.

3. Mencoba membuka bisnis atau jasa

Mencoba membuka bisnis atau jasa dapat dijadikan kegiatan alternatif selanjutnya dalam mengisi liburan semester kamu. Namun, usahakan bisnisnya adalah yang tidak memerlukan modal awal banyak dan dapat dilakukan saat liburan. Jika layanan jasa, maka lakukanlah yang terbaik yang kamu kuasai.

4. Menulis buku atau novel

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan semester kalian para mahasiswa adalah menulis buku atau novel. Untuk menjadi penulis yang besar tentunya harus dimulai dengan prakterk menulis. Nah, kunci menulis itupun harus diawali dengan kebiasaan rajin membaca.

5. Magang di institusi atau perusahaan

Magang di perusahaan juga menjadi opsi kegiatan bermanfaat untuk mengisi liburan. Tujuan magang tentunya untuk mencari pengalaman nyata di dunia kerja sambil menyerap ilmu-ilmu yang sering kali tidak ditemukan di ruang kuliah. Magang berarti kamu hanya ikut bekerja baik itu tanpa atau dengan sedikit imbalan.

6. Menjadi asisten pada proyek penelitian dosen

Menjadi asisten dosen pada proyek penelitiannya merupakan kesempatan langka dan sangat sedikit mahasiswa yang mendapatkan kesempatan tersebut. Dosen yang hendak melakukan penelitian biasanya membutuhkan asisten untuk membantu memberikan perlakuan pada objek penelitian, mencatat data bahkan kadang sampai membantu menghitung dan menganalisis data yang telah dikumpulkan. Nah, kesempatan ini jangan sampai kamu sia-siakan.

7. Menghafal Al-Quran

Khusus bagi mahasiswa muslim, menghafal Al-Quran adalah kegiatan yang mulia dan bermanfaat dunia akhirat. Manfaat dunia, otak teman-teman akan terpacu membentuk sinaps dan jaringan yang lebih kompleks sehingga meningkatkan kemampuan berfikir. Keuntungan akhiratnya, teman-teman akan dimuliakan oleh Allah SWT sesuai dengan kadar hafalan Al-Qurannya.

Itulah tujuh kegiatan bermanfaat untuk mengisi hari libur semestermu agar lebih berkesan. Pilih dan terapkan berdasarkan minat dan kemampuanmu ya. (*)

*Reporter: Irham Nur/Editor: Nurul Charismawaty S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0