Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)
Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Jl. A.P. Pettarani. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Selain menerima mahasiswa baru dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri. Universitas Negeri Makassar (UNM), mulai tahun depan, akan menambah satu jalur penerimaan mahasiswa baru, yakni Jalur Tahfidzh Al-Quran.

Hal ini pun dibenarkan Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR 1) UNM, Muharram saat ditemui diruangannya Lantai 6 Menara Pinisi. (12/11).

“Iya rencana kita akan membuka jalur Tahfidz Al-Quran. Naskah akademiknya sudah ada. Dan sudah diperlihatkan di Semarang,” katanya.

Alasan dibukanya jalur Tahfidzh Al-Quran guna memberikan ruang kepada calon mahasiswa baru yang menghafal Al-quran agar diterima di UNM.

(Baca juga: Hafal 15 Juz Al-Quran, Bisa Bebas Tes Masuk UNM)

“Sekaligus menfasilitasi dan memotivasi bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kampus kita. Bagi yang menghafal 15 hingga 22 Juz akan diterima tanpa tes,”tambahnya.

Lanjut, masih menurut Muharram, dibukanya jalur tahfidzh guna merealisasikan visi dan misi UNM sekaligus mendukung program Nawacita pemerintah dalam hal revolusi mental.

“Juga sebagai pembeda perguruan tinggi kita dengan perguruan tinggi yang lain. Tujuannya semata-mata untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia,” tambahnya.

(Baca juga: Begini Syarat Daftar di UNM Jalur Tahfidzh Al-Quran)

Diharapkan adanya jalur ini, membuat UNM mencetak lulusan yang mampu berpartisipasi dalam program pembangunan dan menyelesaikan masalah-masalah keagamaan, kebangsaan, dan sosial kemasyarakatan. (*)

*Reporter: Resa Saputra

Share and Enjoy !

0Shares
0 0