Foto bersama pengurus lembaga kemahasiswaan fakultas teknik pada kegiatan bakti sosial BEM FT UNM di Sinjai (Foto: Ist.)
Foto bersama pengurus lembaga kemahasiswaan fakultas teknik pada kegiatan bakti sosial BEM FT UNM di Sinjai (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Bakti Sosial (Baksos). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Tongke-Tongke Kabupaten Sinjai, Senin hingga Sabtu (4-9/12). Baksos ini diikuti 32 panitia, 14 anggota BEM, 15 teknisi dari masing-masing jurusan, dan dosen pembimbing.

Ketua Panitia, Robin mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian aktivitas dalam rangka kontribusi perguruan tinggi terhadap masyarakat yang bersifat konkrit. Karena langsung dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Ini merupakan salah satu bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat seperti yang tercantum dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi,” katanya.

Dalam Baksos BEM FT ini, turut andil tujuh himpunan tingkat jurusan dan prodi yaitu, Himpunan Mahasiswa Otomotif (HMO), Himpunan Mahasiswa Elektronika (Himanika), Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Keluarga (HMKK), Himpunan Mahasiswa Sipil dan Perencanaan (HMSP), Himpunan Mahasiswa Elektro (HME), Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), dan Himpunan Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian (HMPS PTP). Selain itu, juga turut serta Mapala Teknisi.

“Malapa Teknisi juga turut andil dalam kegiatan yang dilakukan. Mereka akan melakukan penanaman pohon, pembuatan tempat sampah, dan outbond,” tambahnya.

Beberapa kegiatan yang dilakukan pada saat baksos yakni, servis kendaraan, servis alat elektronik (HP, DVD, dan Tv), perawatan PC dan laptop, servis peralatan rumah tangga (kipas, setrika, dispenser, dan blender), pelatihan hidropolik, pelatihan kompos, pelatihan autocat, pengkuran lahan, juga akan di adakan pelatihan mengolah makanan seperti nugget ikan tongkol, bakso ikan tongkol, dan cooking class, serta kerajinan tangan, tutorial make up dan hijab.

“Kita mensosialisasikan kegiatan, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan jurusan yang ada di Fakultas Teknik,” ujarnya.


*Repoter: Jelita Chahyani AR / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0