Peringatan HDI oleh Mahasiswa KKN PPL UNM di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Polman (Foto: Ist.)
Peringatan HDI oleh Mahasiswa KKN PPL UNM di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Polman (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pengalaman Lapangan (PPL) angkatan XV Universitas Negeri Makassar (UNM) bersama Guru dan Staf Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Polewali menggelar Hari Disabilitas Internasional (HDI). Kegiatan tersebut berlangsung di Aula SLB Negeri Polewali, Jumat hingga Minggu (1-3/12).

Ketua Panitia HDI, Muh. Ma’ruf Aco mengatakan, dalam peringatan HDI ini diadakan pameran dan perlombaan. Ini bertujuan untuk lebih menekankan pandangan masyarakat terhadap anak disabilitas.

“Kegiatan ini untuk mendorong mewujudkan kesetaraan hak,” kata Ma’ruf.

Puncak Peringatan HDI ini di hadiri sekitar 300 orang dan 50 Penyandang Disabilitas. Para peserta tersebut mengikuti karnaval dan berkesempatan memamerkan aneka hasil karya seni yang di dampingi oleh keamanan Polres Polman dan Dinkes Polman.

“Beberapa lomba yang dilakukan yakni, lari ambil batu, bocce, makan kerupuk, joget balon, lari karung, bakiak, mewarnai, foto ekspresi, kreasi barang bekas, dan lomba merias,” tambahnya.

Ia berharap, pada kegiatan ini tidak ada lagi perbedaan antara anak penyandang disabilitas dengan anak yang lain. Sehingga pada kegiatan seperti ini, anak disabilitas juga bisa menunjukkan bahwa mereka juga bisa seperti anak pada umumnya.

“Semoga masyarakat dapat melihat bahwa anak disabilitas bisa berkarya sama dengan anak pada umumnya,” harapnya.

Kegiatan yang bertema “Berekspresi melalui Karya Seni Untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Disabilitas” ini turut dihadiri Kepala Kepolisisan Resor (Kapolres) Polewali Mandar, Kepala Bidang Pendidikan Polewali Mandar, Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kecamatan Polewali, dan Kepala Sekolah Luar Biasa (PLB) Negeri Polewali. (*)


*Reporter: Muhammad Iqbal Sukawardana / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0