Pelepasan Mahasiswa KKN oleh Pembantu Rektor I, Muharram, di Auditorium Amanagappa (5/9). (Foto: Resa Saputra-Profesi)
Pelepasan Mahasiswa KKN oleh Pembantu Rektor I, Muharram, di Auditorium Amanagappa (5/9). (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali akan menjalankan kuliah kerja nyata (KKN) program pengalaman lapangan (PPL) internasional. KKN PPL ini akan dilaksanakan pada 22 Januari 2017 mendatang di Thailand dan Filipina.

KKN PPL Internasional atau yang sering disebut Seateacher ini merupakan program kerjasama UNM dengan South East Asian Minister of Education Organization (SEAMEO). Tahun sebelumnya dilaksanakan di tiga negara yaitu Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Staff Pembantu Rektor Bidang Kerjasama (PR IV) Yaser mengatakan, beberapa kelebihan yang bakal didapatkan oleh mahasiswa KKN PPL pada program ini yaitu bisa mendapat pengalaman belajar di negeri orang dan akan menambah rasa percaya diri. Selain itu, ini juga membuka wawasan mereka tentang budaya orang lain.

“Yang bisa mengikuti KKN PPL ini mahasiswa semester 7 dan 9. Tergantung dari kebijakan di masing-masing prodi ataupun fakultas,” katanya saat dihubungi, Selasa (28/11).

Ia menambahkan, program Sea Teacher ini hanya dilakukan oleh empat fakultas yaitu, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dan Fakultas Ekonomi (FE).

“Saat ini infonya sudah disampaikan ke fakultas untuk menentukan mahasiswanya yang berminat untuk ikut di program ini,” tambahnya.

Adapun proses seleksinya yaitu pihak fakultas yang memilih mahasiswanya. Setelah itu, mahasiswa yang terpilih akan melakukan tes wawancara tingkat universitas untuk melihat keesediaan mereka. Wawancara ini dilakukan oleh universitas tujuan dengan menggunakan video conference.

“Seleksi melalui video conference akan dilaksanakan pada 12 hingga 17 Desember mendatang,” tutupnya. (*)


*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0