Hemat. (Foto: Int)
Hemat. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Sudah bukan rahasia lagi, jika sebagian besar anak kos akan kehabisan uang saku di saat tanggal tua. Bahkan mungkin seringkali di saat tanggal belum begitu tua pun uang saku sudah mulai menipis atau bahkan kehabisan.

Nah, bagi kamu para mahasiswa yang sering kehabisan uang bulanan, berikut lima kiat ini dapat membantumu menghemat uang bulanan;

1. Prioritaskan yang paling penting

Sebagian besar orang akan selalu beranggapan bahwa semua hal adalah penting, termasuk berbagai barang dan kebutuhan. Padahal, ini adalah sebuah kesalahan, sebab akan selalu ada yang penting dan bahkan yang paling penting yang memang harus dipenuhi dalam kebutuhan. Jadi, biasakan untuk memiliah dengan baik dan memenuhi hanya kebutuhan yang paling penting saja. Baiknya, kamu membuat daftar pos pengeluaran setiap bulannya, agar jajanmu dapat terkontrol.

2. Hindari “lapar mata”

Cara menghemat uang bulanan mahasiswa yang kedua adalah menghindari lapar mata. Naluri lapar mata biasanya muncul akibat kurangnya aktivitas yang produktif. Bisa saja hanya bermula dari jalan-jalan, kemudian ngopi-ngopi, dan akhirnya mulai tertarik untuk segera belanja. Apalagi di saat memegang sejumlah uang yang banyak, kamu akan cenderung membeli berbagai hal yang tidak begitu penting dan kamu butuhkan. Dampaknya, kamu kehabisan uang di akhir bulan.
3. Cuci baju sendiri

Biasakan cuci baju dan setrika sendiri, lebih bersih dan aman karena baju-baju kamu tidak akan dicuci bersamaan dengan baju orang lain. Kamu juga bisa mencuci kapan saja, tidak harus menunggu berhari-hari karena laundry bisa penuh dan baju-baju kamu harus antri di sana. Selain itu, baju kamu juga akan aman dan tidak akan tertukar dengan baju orang lain, atau bahkan hilang ketika di laundry.
4. Coba masak sendiri

Ini akan menyenangkan untuk dicoba, terutama jika kamu ngekos di tempat yang memiliki peralatan masak. Apalagi jika kamu juga memiliki hobi memasak, dijamin pasti bisa hemat sepanjang bulan. Jangan malu untuk masak sendiri, justru kamu akan lebih sehat karena mengkonsumsi makanan yang terjamin gizi dan juga kebersihannya, jadi manfaatnya bisa berlipat ganda kan?.
5. Menabung

Tentu saja cara menghemat uang bulanan mahasiswa adalah menabung. Kamu bisa menyisihkan sebagian uang saku kamu dan menyimpannya sebagai dana darurat di dalam rekening tabungan kamu. Jadi, kamu pun tak akan mengalami masa-masa yang sulit lagi setiap kali akhir bulan tiba. Selalu utamakan menabung ketika uang kiriman bulanan kamu datang yah.

*Penulis: Satria Ma’datuang/Editor: Nurulcha

Share and Enjoy !

0Shares
0 0