Belajar. (Foto: Int)
Belajar. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Tak bisa dipungkiri. tugas kuliah juga seringkali menjadi hal yang membuat pusing para mahasiswa apabila terbiasa mengerjakannya menjelang deadline.

Namun, mengerjakan tugas menjelang deadline sama saja diistilahkan dalam peribahasa “Tiba masa tiba akal”. Cara demikian tentulah membuat tugas-tugas kuliah semakin menumpuk, dan tidak maksimal ketika dikerjakan.

Nah, berikut lima kiat ini dapat memudahkanmu menyelesaikan tugas kuliah tanpa merasa dikejar deadline:

1. Buat daftar tugas

Dalam mengerjakan, sebaiknya kamu harus mendahulukan tugas yang tanggal pengumpulannya paling dekat. Cara ini akan membuat kamu lebih tenang karena tugas sudah selesai sebelum deadline dan waktu yang ada bisa digunakan untuk mencicil tugas yang lain.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Suasana sangat menentukan mood saat mengerjakan tugas. Maka, kamu harus menciptakan suasana yang nyaman seperti kamar yang rapi, mengerjakan diiringi musik favorit, atau ditemani makanan ringan. Itu semua akan membuat otakmu berpikir lebih jernih sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

3. Beristirahat sejenak

Kamu Jangan memaksakan diri ketika mengerjakan tugas. Hal itu justru akan memicu stres. Jika rasa jenuhmu mulai datang, ambilah istirahat sejenak seperti makan, mandi, atau jalan-jalan. Hal itu dilakukan agar otak kamu kembali segar.

4. Dapatkan rujukan dari berbagai sumber

Terkadang kamu belum paham dengan tugas yang diberikan karena penyampaian yang kurang jelas. Tentu saja hal tersebut membuat kamu malas untuk mengerjakan dan terus menunda untuk mengerjakan. Dengan melihat contoh dari teman atau bertanya kepada senior, bisa memberikan gambaran bagaimana kamu mengerjakannya. Dan bisa juga kamu mencarinya di Google.

5. Jadikan tugas sebagai tanggung jawab

Dengan menjadikan tugas sebagai tanggung jawab, kamu merasa berkewajiban untuk menyelesaikannya, dan merasa bersalah jika meninggalkannya. Dengan begitu kamu akan lebih termotivasi untuk mengerjakan tugas tepat waktu dengan hasil semaksimal mungkin. (*)

*Penulis: Irham Nur/Editor: Nurulcha

Share and Enjoy !

0Shares
0 0