Ilustrasi tipe mahasiswa - (Foto - Int).
Ilustrasi tipe mahasiswa – (Foto – Int).

PROFESI-UNM. COM – Hidup menjadi seorang mahasiswa itu seru dan menyenangkan karena bakal menemukan banyak hal baru dan seru yang bisa kamu ikuti. Di Perguruan tinggi kamu akan bertemu banyak orang, baik mahasiswa maupun dosen, dengan berbagai macam latar belakang yang berbeda.

Kehidupan kampus memang memiliki banyak cerita. Tiap orang akan merasakan dunia kampus secara berbeda tergantung dari kegiatan yang di lakukan sebagai rutinitasnya. Tidak ada jenis mahasiswa yang terbaik karena masing-masih punya poin pembelajaran dan momennya sendiri-sendiri. Berikut 4 tipe mahasiswa yang akan kamu jumpai di kampus.
1. Tipe ‘Kupu-Kupu’
Kamu tahu nggak itu artinya apa? Yup, betul banget. Mahasiswa yang kuliah pulang, terus kuliah pulang lagi. Nah, mahasiswa masuk dalam tipe kupu-kupu jika dia memiliki kriteria ini. Mahasiswa ini selalu hadir di kelas. Jarang nitip absen. Tapi begitu dia keluar kelas, dia langsung menghilang. Aktivitasnya ya kuliah-pulang-kuliah-pulang.
Tidak heran kalau dia nggak banyak dikenal sama junior, senior ataupun yang beda jurusan. Dia langsung menghilang bagai ninja begitu kelas bubar. Tapi bisa juga sih karena dia harus langsung kerja begitu kelar jam kuliah. Gimana? Apakah punya teman yang masuk dalam kelompok kupu-kupu, atau malah kamu juga termasuk dalam tipe ini? Apapun itu nggak masalah, karena kan kita pasti punya pilihan sendiri untuk membawa diri kita dalam keseharian. Jadi, jika kamu atau teman kamu masuk dalam tipe yang mana, nggak ada yang salah kok.
2. Tipe ‘Kunang-Kunang’
Mahasiswa dengan tipe kunang-kunang ini maksudnya kuliah nangkring-kuliah nangkring. Nah, mahasiswa yang masuk dalam kelompok ini pasti memiliki kriteria seperti ini nih. Mahasiswa jenis ini menguasai tempat-tempat nongkrong di kampus atau Mall. Biasanya, waktu yang dihabiskan buat nongkrong itu lebih banyak dari waktu kuliah ataupun waktu ngerjain tugasnya.
Aktivitasnya ya, Kuliah-nangkring-kuliah-nangkring itu. Biasanya mahasiswa tipe kunang-kunang sering merasa jadi mahasiswa paling gaul dan eksis di kampus. Terus, tipe ini juga gampang dapat pacar, karena dia banyak dikenal orang dan punya daerah kekuasaan pos di titik-titik tertentu. Mereka memiliki banyak teman dari fakultas yang berbeda dan hampir dikenal oleh setiap orang di fakultasnya sendiri. Ya, tipe ini adalah mahasiswa yang bisa dibilang cukup eksis.
3. Tipe ‘Aktivis’
Kalau kamu anak Senat atau tergabung dalam sebuah organisasi di kampus, kamu  bisa dikatakan masuk dalam tipe yang satu ini, dan kamu pasti memiliki kriteria seperti. Kegiatannya sehari-hari tidak luput dari seputar organisasi. Dia bisa aja ada di kampus sampai tengah malam buat ngurusin organisasi, atau sekedar ngobrol yang topiknya nggak jauh-jauh dari hal yang berbau politik. Kadang, pas moment-moment tertentu mereka juga demo. Biasanya, mereka juga kritis dan nggak takut buat ngasih kritik kemanapun, dan kepada siapapun. Merekalah yang menguasai jabatan di organisasi kampus. Biasanya, mahasiswa kayak gini lulusnya lama, dan kalau kuliah pagi sering dateng telat. Soalnya mereka sering begadang buat rapat-rapat.
4. Tipe ‘misterius’
Nah, tipe yang terakhir namun tak kalah penting adalah mahasiswa yang masuk dalam tipe misterius. Dia adalah mahasiswa dengan kriteria yang tampak seperti mahasiswa biasa yang dateng ke kampus. Tapi, kita semua nggak tau pas dia ke kampus aktifitasnya apa?. Barangkali dia adalah seorang agen intelegen dan sedang menjalankan sebuah konspirasi. Mungkin tipe yang satu ini agak sulit dikenali ya, karena mungkin kamu atau teman-teman kamu pun tidak ada yang bergaul dengan mahasiswa yang termasuk ke dalam tipe ‘misterius’ ini.
Nah, gimana? Apakah kamu sendiri sudah menemukan tipemu yang seperti apa? Apapun tipe kamu dan teman-teman kamu saat ini, kamu pasti bisa kok tetap menunjukkan yang terbaik dengan menjadi diri kamu sendiri. Karena memang sebagai seorang mahasiswa yang paling diperlukan adalah konsistensi dalam menempuh masa berkuliah. Kamu bisa saja memilih banyak aktvitas di luar berkuliah, namun dengan adanya konsistensi kamu pastinya akan selalu bisa mendapatkan  yang terbaik saat berkuliah. (*)

*Penulis: Astriana/Editor : Andi Asoka Ulfa.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0