Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2016 yang melakukan penelitian di Palopo. (Foto: Ist.)
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2016 yang melakukan penelitian di Palopo. (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar (FIS UNM), angkatan 2016 melakukan penelitian lapangan mengenai sejarah Indonesia masa Islam. Penelitian ini dilaksanakan di Palopo, Jumat hingga Minggu (17-19/11).

Dosen Pendamping, Asmunandar mengatakan, penelitian ini merupakan kegiatan wajib bagi mahasiswa Pendidikan Sejarah semester tiga yang program mata kuliah Sejarah Indonesia Masa Islam. Disini mahasiswa ditugaskan ke lapangan untuk melihat langsung objek peninggalan sejarah.

“Beberapa mata kuliah memang membutuhkan penelitian lapangan termasuk mata kuliah ini dan kesempatan bagi mereka untuk menyaksikan langsung objek peninggalan sejarah islam di daerah ini,” katanya.

Sementara Ketua Panitia, Ilham samudra sanur mengatakan, Palopo dipilih menjadi lokasi penelitian karena ini merupakan wilayah yang pertama kali mengalami islamisasi di sulawesi selatan. Tempat ini juga memiliki beberapa peninggalan yang otentik seperti Masjid Jami sebagai bangunan Masjid tertua di Sulawesi Selatan. Selain itu, ada kuburan tokoh yang menyebarkan Islam di daerah ini yaitu Kuburan Datu Sulaiman.

“Untuk mengupgrade pengetahuan mahasiswa mengenai sejarah kerajaan islam di Sulawesi Selatan khususnya Palopo yang menjadi lokasi paling ideal,” katanya. (*)


*Reporter: Wahyu Riansyah / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0