Ilustrasi Bentrok (Int.)
Ilustrasi Bentrok (Int.)

PROFESI-UNM.COM – Insiden bentrokan bukan lagi hal yang jarang di temui di Indonesia. Baik itu di dalam lingkup masyarakata maupun dalam lingkup perkuliahan.

Namun, tempat perkuliahan yang sejatinya digunakan untuk menimba ilmu, kadang pula disalah gunakan oleh sekelompok orang untuk melakukan bentrokan.

Nah, buat kamu insan terpelajar Indonesia, terapkan lima tips berikut untuk membantu meminimalisir terjadinya bentrokan dalam lingkungan kampusmu.

1. Ikuti diskusi maupun kegiatan-kegiatan keagamaan diluar jam kuliah.
Dengan mengikuti kelompok diskusi maupun kegiatan keagamaan kamu akan diajak untuk lebih memahami bahwa pertengkaran, perkelahian atau tawuran itu tidak ada manfaatnya, yang ada hanya kerusakan dan bahkan kematian.

2. Jangan mudah terprovokasi
Teliti, cermati dan gali setiap informasi yang kita dengar, dan kita lihat, sebelum kamu mengambil tindakan terhadap permasalahan tersebut.

3. Mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat
Isilah waktu luangmu dengan beregiatan seperti olahraga, ekstrakurikuler atau penelitian yang bermanfaat bagi mahasiswa. Sehingga tidak terpikirkan keinginan untuk melakukan hal-hal yang tidak terpuji.

4. Perbanyak silaturahmi
Saling berkunjunglah mengajak kerja sama atau membahas sesuatu yang positif. Seperti kegiatan Bakti Sosial, musyawarah dalam mengambil suatu tindakan, mengadakan kegiatan rutinitas pengajian yang bersifat silaturahmi.

5. Perbanyak membaca buku inspiratif
Memperbanyak membaca buku inspiratif akan membaut kamu semakin nyaman menjalankan rutinitas dalam lingkungan kampus dan juga kamu akan lebih banyak mengetahui ilmu-ilmu yang belum kamu ketahui. (*)


*Penulis: Irham Nur

Share and Enjoy !

0Shares
0 0