Reviewer Nasional PKM, Bandung Arry Sanjoyo saat menjadi pemateri Workshop Pedamping PKM di Ruang Seminar lantai 11 Menara Pinisi, Sabtu (28/10) lalu – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Dilansir dari laman resmi Simbelmawa pada 1 November lalu, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajukan proposal PKM 5 bidang untuk pendanaan tahun 2018.

Terkhusus di Universitas Negeri Makassar (UNM), telah dilakukan berbagai persiapan seperti workshop, pelatihan, dan pendampingan oleh beberapa dosen. Adapun alur dan cara pengiriman proposal PKM Pengusulan 2017 pelaksanaan 2018 khusus di UNM yaitu,

1. Pengumpulan PKM di universitas
Mahasiswa melakukan perbaikan dan merampungkan bagian isi dan administrasi PKM yang telah dibuat dengan lengkap (lembar pengesahan masih secara manual). PKM yang telah dibuat kemudian dikumpulkan di universitas untuk diseleksi sesuai dengan kuota universitas. Mahasiswa dapat mengakses www.simpkm.unm.ac.id, mengisi data Ketua Tim dengan benar dan meng-upload PKM dengan format pdf. Tahap ini dilakukan pada tanggal 11 hingga 17 November.

2. Penilaian PKM oleh Tim Reviewer Internal
Tim Reviewer dari UNM akan melakukan tahap seleksi terhadap PKM yang telah dikirim oleh mahasiswa pada tanggal 8 hingga 19 November.

3. Pengumuman PKM lolos reviewer sebanyak 425 PKM yang disetujui kemudian akan diumumkan kepada masing-masing ketua kelompok melalui laman www.simpkm.unm.ac.id pada tanggal 20 November.

4. Pengambilan akun simbelmawa
Ketua kelompok yang dinyatakan lolos akan mendapatkan username dan password untuk login di simbelmawa.ristekdikti.go.id yang dapat dilihat pada simpkm.unm.ac.id pada tanggal 20 hingga 23 November.

5. Pengurusuan lembar pengesahan PKM
Mahasiswa melakukan login di www.simbelmawa.ristekdikti.go.id, melengkapi data pengusul, dan men-download lembar pengesahan. Lembar pengesahan yang telah di download kemudian ditandatangani dan diberi stempel sesuai dengan panduan pada 20 hingga 24 November.

6. Perampungan dan pengunggahan proposal PKM
Mahasiswa melakukan tahap perampungan dengan menambahkan lembar pengesahan yang sah pada proposal PKM dan melakukan pengunggahan di www.simbelmawa.ristekdikti.go.id pada 20 hingga 24 November.

Silahkan download alur dan cara pengiriman proposal PKM Pengusulan 2017 pelaksanaan 2018 disini. Jika ada kendala dalam pengurusan proposal, silahkan hubungi Handiswan (082332519741), Yudi Arianto Latief (085340337053) atau Ahmad Muflih (081216198880). (*)


*Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0