Workshop tata cara pengisian Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) FIP UNM di Ruang Senat FIP UNM Lantai tiga, Kamis (16/11) - (Foto: Ulil - Profesi)
Workshop tata cara pengisian Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) FIP UNM di Ruang Senat FIP UNM Lantai tiga, Kamis (16/11) – (Foto: Ulil – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) mengadakan Workshop tata cara pengisian Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO). Workshop ini berlangsung di Ruang Senat FIP UNM Lantai tiga, Kamis (16/11).

Ketua panitia, Faridah Ohan mengatakan, Workshop ini bertujuan untuk memahamkan peserta tentang tata cara pengisian SAPTO. Adapun peserta yang ikut dalam kegiatan ini yaitu ketua jurusan dan prodi di lingkup, Unit Penjamin Mutu, Gugus Penjaminan Mutu jurusan atau prodi di lingkup, dan operator jurusan atau prodi dalam lingkungan FIP UNM.

“Dengan adanya SAPTO ini, dapat membantu untuk menentukan kelayakan program studi dan perguruan tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional pendidikan tinggi. Selain itu data dapat di akses secara cepat, kapan dan dimanapun bagi seluruh program studi yang akan melakukan akreditasi maupun reakreditasi. Kegiatan ini juga baru pertama kali dilaksanakan di FIP UNM,” katanya.

Pemateri pada workshop kali ini yakni, Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD I) FIP, Abdul Salman, beserta dosen yang pernah mengikuti workshop SAPTO di Jakarta, Sumarlin dan Rudi.

“Materi yang dibawakan itu tentang tata cara pengisian sistem SAPTO, terus apa yang dinilai, dan bagaimana cara pengiriman informasi kebutuhan akreditasi yang dikirim secara online,” tambahnya.

Dosen Administrasi Pendidikan ini berharap, pegawai yang ada di FIP bisa memahami setiap materi sehingga bisa mempermudah tata kelola sistem akademik yang ada di FIP.

“Semoga kita lebih siap lagi untuk menghadapi orientasi dan memperbaiki tata kelola yang ada di FIP,” harapnya. (*)


*Reporter: Ulil Afiah Az-zakiyah / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0