Curanmor. (Foto: Int)
Curanmor. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Sivitas pernah mengalami kecurian motor?. Maraknya pencurian kendaraan motor (curanmor) saat ini makin menggelisahkan berbagai kalangan, utamanya bagi mahasiswa dan masyarakat.

Untuk menghindari kasus pencurian motor yang semakin sering terjadi di sekitar kita, alangkah pentingnya untuk mengetahui enam kiat agar kendaraan bisa aman dari pencurian.

Berikut enam kiat untuk diaplikasikan demi menjaga motor tetap aman;

1. Kunci Stang

Mudah namun sering lupa ketika parkir yakni mengunci stang motor setelah berkendara. Akan menjadi sasaran mudah untuk dieksekusi bagi para maling ketika melihat kondisi stang motor tidak terkunci. Kuncilah stang setiap selesai berkendara, baik berada di parkiran atau di rumah anda sendiri. Pada umumnya pengendara motor sering mengunci stang menghadap ke sebelah kiri.

Terdapat hal menarik yang hanya dapat dilakukan oleh motor Honda anda yaitu dapat mengunci stang menghadap ke sebelah kanan. Fitur Secure Key Shutter pada motor Honda juga sangat berpengaruh besar untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan.

2. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switch

Pencuri motor biasa melakukan aksinya dengan memilih motor yang paling cepat dan gampang dicuri. Maka manfaatkan teknologi Side Stand Switchdari Honda untuk menambahkan waktu kerepotan para maling dengan menggabungkan Side Stand Switch dengan standar tengah motor.

3. Pasang Pengaman Tambahan

Dengan menambahkan pengaman tambahan pada motor, resiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang. Hal ini bertujuan  untuk membuat repot para maling motor yang sudah mengintai dan mengawasi motor anda.

Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok yang dikaitkan pada lubang cakram depan dan rantai belakang apabila motor anda berjenis bukan matic. Dan pastikan ketika akan berkendara kembali untuk melepas pengaman tersebut.

4. Tempel Stiker atau Tanda “Pengenal”

Ada baiknya motor dipasangi stiker pengenal yang berbeda dari motor yang lainnya. Hal ini untuk memudahkan pencarian seandainya motor anda hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini akan membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

5. Amati Keadaan

Seorang pencuri akan melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kendaraan bermotor sekaligus pengendaranya. Begitu sepeda motor diparkir dan mengetahui pemiliknya tidak terlihat lagi, dengan cepat aksi pencurian itu akan mereka lakukan.

Untuk itu, sebelum meninggalkan motor, lihat dan amati keadaan disekitar apakah ada hal yang mencurigakan atau tidak, dianjurkan setidaknya setiap 5 menit sekali untuk kembali mengamati sepeda motor yang ditinggalkan. Kamu tidak perlu bolak-balik untuk melakukannya, cukup dengan mengamatinya dari jarak jauh.

6. Asuransikan Motor Anda

Untuk asuransi motor ini sebenarnya bukan tips agar motor tidak mudah dicuri akan tetapi bertujuan untuk antisipasi supaya kerugian kehilangan motor dapat tergantikan.

Apabila melakukan pembelian secara kredit biasanya sudah termasuk asuransi dari pihak leasingnya, berbeda dengan anda yang melakukan pembelian secara tunai. Pilihlah asuransi yang mudah proses klaimnya serta harganya yang terjangkau. (*)

*Penulis: Muh. Sauki Maulana

Share and Enjoy !

0Shares
0 0