Penulis esai ekonomi politik kalaliterasi, Syamsu Alam saat jadi pemateri Workshop Literasi di Ballroom Menara Pinisi, Sabtu (4/10) - (Foto: Dasrin - Profesi)
Penulis esai ekonomi politik kalaliterasi, Syamsu Alam saat jadi pemateri Workshop Literasi di Ballroom Menara Pinisi, Sabtu (4/10) – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Penulis esai ekonomi politik kalaliterasi.com, Syamsu Alam berbagi tips menulis kepada peserta Workshop Literasi. Workshop tersebut diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembanguan (Himposep) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Makassar (UNM) di Ballroom Menara Pinisi, Sabtu (4/11)

Syamsu Alam mengatakan, kunci dalam penulisan ialah tulis apa yang disukai dan dikuasai. “Dalam penulisan, harus memancing orang untuk menarik membacanya,” ucapnya.

Dosen FE ini menjelaskan, salah satu penghambat dalam menulis ialah kurangnya kosa kata yang diketahui. “Terkadang kita sudah tau apa yg mau dituliskan, tapi kita tidak tahu kata-katanya bagaimana,” jelasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, Syamsu menyarankan untuk memperbanyak membaca. Hal itu berguna untuk menambah wawasan dan perbendaharaan kata.

“Harus memperbanyak referensi. Jadi kalau mau lancar menulis harus rajin membaca,” sarannya.

Sementara itu, selaku Ketua Umum Himposep, Muh. Iksan Suwandi mengatakan, workshop ini diadakan untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam penulisan. Hal tersebut dinilanya mampu menambah kteatifitas mahasiswa.

“Melalui tulisan kita bisa menyampaikan masalah yang ada di kampus, dan ini juga menjadi masa depan bagi teman-teman jika ingin menulis,” katanya.

Workshop yang bertema “Ukir Sejarah Melalui Tulisan” ini menghadirkan tiga pemateri yakni, Bahrul Amsal (aredaktur kalaliterasi.com), Syamsu Alam (penulis esai ekopol di kalaliterasi.com), dan Widyawan Setiadi (Aksara merdeka). (*)


*Repoter: Dasrin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0