Tiga Mahasiswa Jurusan Geografi yang meraih juara tiga, pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Gebyar Atom 2017 - (Foto: Ist.)
Tiga Mahasiswa Jurusan Geografi yang meraih juara tiga, pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Gebyar Atom 2017 – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tiga mahasiswa Jurusan Geografi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil meraih juara tiga, pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) Gebyar Atom 2017. Lomba tersebut dilaksanakan oleh Jurusan Kimia FMIPA UNM di Pelataran Gedung Science Square, 30 Oktober sampai 2 November 2017.

Kadek Irayasa, Muh. Lutfi Firdaus dan Ahmad Faturrahman mempresentasikan  Komik Geomorfologi (Geokom) yang dibuat sebagai alternatif media pembelajaran untuk mahasiswa geografi. Ketua tim, Kadek Irayasa mengatakan, karya tulis ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dalam menguasai mata kuliah geomorfologi.

“Komik ini digagas untuk memotong alur pembahasan yang panjang dari materi geomorfologi,” katanya. Ia juga menjelaskan, ada dua tahapan penilaian yang dilakukan pada lomba ini. Tahap seleksi full paper dan tahap presentase.

Adapun perguruan tinggi yang lolos tahap seleksi full paper yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Sebelas Maret (UNS), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Pancasila, Universitas Pembangunan Jaya dan Universitas Negeri Makassar (UNM).

”Ada sepuluh perguruan tinggi yang lulus pada tahap seleksi full paper,” tambahnya.

Sementara itu, sebagai dosen pembimbing, Suprapta sangat bersyukur karena bimbingannya bisa lolos dan meraih juara pada lomba tersebut. “Saingan disini sangat berat karena tingkat nasional,” ungkapnya. Ia berharap kedepanya lomba seperti ini tetap dilaksanakan sebagai ajang kreativitas. (*)


*Reporter: Muh. Amin / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0