Mahasiswa PTP FT UNM saat berkunjung ke BMKG wilayah IV Makassar, Kamis (02/11) - (Foto: Ist.)
Mahasiswa PTP FT UNM saat berkunjung ke BMKG wilayah IV Makassar, Kamis (02/11) – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Pendidikan Teknologi Pertanian (PTP) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kunjungan ke Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Kamis (02/11).

Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang agroklimatologi. Karena agroklimatologi ini merupakan salah satu mata kuliah di Prodi PTP.

Dosen pendamping, Patang mengatakan, kegiatan ini telah dilakukan sejak tahun pertama didirikannya Prodi PTP. “Sudah sejak dari tahun 2011 dilaksanakan, dan di BMKG sendiri selalu juga kami kunjungi setiap tahunnya,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa kunjungan ke BMKG ini dilakukan agar mahasiswa tidak sekadar mengetahui teori. Tapi yang harus dilakukan adalah mahasiswa bisa melihat langsung tentang agroklimatologi.

“Karna mahasiswa UNM itu adalah calon guru, dia tidak boleh tahu teori saja tapi juga harus tahu bagaimana keadaan sebenarnya di lapangan,” tambahnya.

Kunjungan ini pun mendapat respon positif dari pihak BMKG. Kepala Bidang Data dan Informasi, Daryanto merasa senang dan bangga atas kunjungan mahasiswa UNM. Ia berharap terjalin hubungan yang baik. Menurutnya melalui kunjungan seperti inilah bisa terjalin hubungan yang baik, sehingga kedepannya mahasiswa bisa mencari data untuk bahan penelitian.

“Harapan kami kepada mahasiswa agar tidak sekadar berkunjung, tapi bisa memahami bagaimana sebenarnya ilmu meteorologi, klimatologi dan geofisika,” harapnya. (*)


*Reporter: Nurhidayah. R / Editor: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0