Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Arifuddin Usman saat memimpin Upacar Pelepasan di Pelataran Menara Pinisi, Jumat (20/10) - (Foto: Int.)
Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Arifuddin Usman saat memimpin Upacara Pelepasan Resimen Mahasiswa (Menwa) di Pelataran Menara Pinisi, Jumat (20/10) – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) Wolter Monginsidi Satuan 702 Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan Latihan Ketangkasan Bela Negara (LKBN) Angkatan III tahun 2017. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari tujuh perguruan tinggi lain, yang berlangsung di Pelataran Menara Pinisi, Jumat (20/10).

Kegiatan yang bertemakan “Mengasah Kesadaran Bela Negara Menuju Menwa yang Lebih Jaya” ini akan dilanjutkan di Batalyon Infanteri Para Raider 432/WSJ Kariango, Kabupaten Maros, 20 hingga 28 Oktober. Komandan Menwa, Nasrullah mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Menwa yang telah dilakukan selama tiga kali.

“Ini bertujuan untuk membentuk fisik dan mental mahasiswa. Selain itu, mereka akan diberikan materi pengetahuan senjata dan keahlian bela diri,” katanya.

Tujuh Menwa perguruan tinggi lain yang bergabung dalam LKBN ini, yakni Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Universitas Bosowa (Unibos), Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Puangrimaggalatung Sengkang, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Watampone, dan Universitas Negeri Gorontalo (UNG).

“Peserta LKBN ini berjumlah 29 orang. 12 diantaranya dari Menwa Wolter Monginsidi Satuan 702 UNM,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini berharap peserta bisa memahami materi yang diberikan sehingga tertanam rasa nasionalisme dalam diri mereka.

“Semoga melalui kegiatan ini, tertanam nilai-nilai pancasila dan mereka sadar akan tanggungjawab serta pembelaan negara kesatuan Republik Indonesia,” harapnya.

Upacara pelepasan ini juga dihadiri PR III UNM, Kepala Bagian Kemahasiswaan UNM, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal), Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad), Komando Distrik Militer (Kodim), dan Komando Resimen Kota Makassar. (*)


*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0