Jurnalis Harian Seputar Indonesia Makassar, Supriadi saat membawa materi Layout dan Desain Grafis di BPSDM Makassar, Jumat (13/10) - (Foto: Dasrin - Profesi)
Jurnalis Harian Seputar Indonesia Makassar, Supriadi saat membawa materi Layout dan Desain Grafis di BPSDM Makassar, Jumat (13/10) – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Jurnalis Harian Seputar Indonesia Makassar, Supriadi mengatakan, dalam sebuah koran atau tabloid, gambar harus lebih dominan dibanding teks. Hal tersebut untuk mempermudah pembaca memahami berita yang diinformasikan.

“Kalau majalah, 80% gambar dan teks 20%,” katanya saat membawa materi Layout dan Desain Grafis di BPSDM Makassar, Jumat (13/10).

Lanjut ia menambahkan, ada beberapa prinsip yang berhubungan dengan layout yakni memudahkan orang memahami informasi yang dibuat. Selain itu, keseimbangan juga penting dalam menyampaikan informasi.

“Ada empat prinsip, kesederhanaan, kontras, keseimbangan dan keharmonisan,” tambahnya.

Pria asal Enrekang ini mengimbau kepada peserta DJMTD untuk tidak menjadikan beban setiap tugas yang diberikan. Melainkan menjadikan hobi, agar muncul ide kreative. Kareana dalam melayout suatu berita, dibutuhkan ide-ide yang kreative.

“Kalau pekerjaan itu dijadikan hobi, pasti ide akan mengalir dan kita semangat dalam bekerja,” imbaunya. (*)


*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0