Dekan FPsi, Muh Jufri. (Foto: Dok. Profesi)
Dekan Fakultas Psikologi (FPsi), Muhammad Juri. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM-Fakultas Psikologi (FPsi) Universitas Negeri Makassar (UNM) direncanakan bakal membuka program magister atau strata dua (S2). Pihaknya saat ini pun tengah gencar mempersiapkan berkas yang akan diajukan ke Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenrisstek Dikti).

Dekan FPsi, Muhammad Jufri mengungkapkan, tim penyusun proposal kini telah fokus untuk menggenjot penyelesaikan berkas yang akan diajukan nanti. Persyaratan terkait kualifikasi dosen pun telah dipenuhi.

“Sampai sekarang timnya masih berkerja, kita sudah memenuhi persyaratan. Kalau magister itu harus ada sampai enam doktor,” ungkapnya.

Untuk program studi (prodi), terdapat dua pilihan yang akan dibuka. Diantaranya, magister sains dan magister profesi psikolog. Namun, keduanya akan dinilai terlebih dahulu sebelum diajukan.

“Kami harus melihat dulu berdasarkan research study, yang mana yang lebih mendesak,” kata pria asal Selayar ini.

Lanjut, ia mengatakan, komunikasi dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) bahkan dilakukan. Tujuannya untuk mengkonsultasikan terkait rencana pembukaan program ini.

“Yang kami lakukan itu sambil menyusun proposalnya, kita berkomukasi HIMPSI secara lisan untuk menginformasikan hal ini, kalau sudah diajukan proposalnya kita bicarakan lebih lanjut lagi,” lanjutnya.

Ia berharap, penyusunan proposal ini rampung secepatnya dan segera diajukan oleh Kementistek Dikti. Agar nantinya prodi tersebut bakal buka di tahun depan.

“Yah maunya tahun ini, tapi masih ada proses yang harus dilalui. Kalau misalnya, penyusunannya bisa rampung cepat dan disetujui cepat oleh Dikti. Tahun ajaran depan mungkin bisa dibuka,” harapnya. (eks)


*Berita ini telah terbit di Tabloid Edisi 218

Share and Enjoy !

0Shares
0 0