Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan mahasiswa KKN di Auitorium Ammanagappa, Selasa (19/9) - (Foto: Dasrin -Profesi)
Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) saat memberikan sambutan dalam acara pelepasan mahasiswa KKN di Auitorium Ammanagappa, Selasa (19/9) – (Foto: Dasrin -Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Musim Kuliah Kerja Nyata (KKN) sedang sangat terasa. Terutama bagi mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM). Namun sebelum pemberangkatan KKN, ada baiknya melakukan hal-hal ini dulu, agar selama mengabdi di lokasi nanti, dapat mengabdi dengan nyaman.

1. Selesaikan urusan di kampus
Ada baiknya, sebelum berangkat ke lokasi KKN, kamu menyelesaikan segala urusan dan keperluan yang berhubungan dengan kampus, baik tugas kuliah ataupun kepentingan organisasi. Agar nantinya kamu nggak perlu bolak balik kampus lokasi KKN lagi. Meski lokasi KKN kamu dekat dengan kampus. Hal ini tetap akan menyusahkan dan melelahkan.

2. Mulai Packing
Packing jauh-jauh hari sangatlah berguna. Selain mematangkan persiapan, ini juga untuk mencegah adanya barang yang terlupakan. Perlu diingat juga agar membawa barang yang memang dibutuhkan, dan tidak berlebihan.

3. Akrabkan diri dengan anggota pos
Bagaimanapun, anggota pos akan menjadi teman tinggal kamu selama mengabdi nanti. Banyak kejadian dimana masalah yang ditimbul di pos, dikarenakan ketidak cocokan antar anggotanya. Jadi usahakan untuk meminimalisir hal ini, dengan cara mengakrabkan diri dengan teman satu pos kamu.

4. Cek lokasi
Sebelum berangkat, ada baiknya kamu kenal betul dengan lokasi yang akan kamu datangi. jadi usahakan ada teman satu pos kamu yang tau dengan daerah tersebut. Jika perlu lakukan observasi sebelumnya, jadi dapat mempersiapkan keperluan pos yang dibutuhkan.

5. Siapkan Keuangan
Saat KKN nanti kamu akan mengeluarkan jumlah uang yang berbeda, dengan saat kamu menjalani kuliah pada saat biasa. Makanya pastikan sebelumnya menetapkan anggaran yang memang diperlukan bersama teman satu pos mu. Jangan lupa pantau terus kondisi keuangan mu, agar tidak boros nantinya. (*)


*Faisal Fajar

Share and Enjoy !

0Shares
0 0