Peserta ENJ UNM memberikan pengetahuan bahari keoada anak-anak Pulau Jampea, Selasa (19/9). (Foto: Dasrin-Profesi)
Peserta ENJ UNM memberikan pengetahuan bahari kepada anak-anak Pulau Jampea, Selasa (19/9). (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) asal Universitas Negeri Makassar (UNM) membagikan pengetahuan bahari melalui Sekolah Bahari untuk anak-anak di Pulau Jampea, Kabupaten Selayar hari ini, Selasa (19/9).

Anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar diajarkan untuk mengenal laut yang tersebar di Indonesia.

Diakui oleh kordinator pelaksana, Suherman, kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja tim ENJ UNM. Ia mengungkapkan kegiatan ini terbagi menjadi dua bagian, yakni indoor dan outdoor.

“Untuk kegiatan indoor, kami memberikan materi seperti pelestarian lingkungan bahari, ancaman laut Indonesia, serta potensi kepulauan Indonesia,” ungkapnya.

Suherman menambahkan, untuk kegiatan outdoor, anak-anak Pulau Jampea diajak belajar diluar ruangan.

“Selanjutnya, setelah pemberian materi, kami mengajak anak-anak untuk belajar di luar ruangan. Kami mengarahkan anak-anak untuk menggambar dan mewarnai yang bertema laut, ” tambahnya.

Laki-laki asal Wajo ini berharap, sekolah anak bahari ini dapat bermanfaat bagi anak-anak pulau Jampea.

“Semoga dengan kegiatan ini, anak-anak di pulau Jampea bangga dengan pulau yang ditinggalinya dan menjaga kelestarian Pulau Jampea. Anak-anak pulau Jampea adalah generasi yang akan menjaga laut Indonesia,” harapnya.

Selain sekolah anak Bahari, tim ENJ UNM juga telah melaksanakan pemberian materi wawasan kebangasaan. Untuk program kerja selanjutnya, tim ENJ UNM juga akan mengadakan Taman Baca Jampea serta pelatihan hidup bersih dan sehat. (*)

*Reporter: Nurul Charismawaty S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0