Alm. Muris Cei. (Foto: Int)
Alm. Muris Cei. (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Kepergian Ketua Program Studi (Prodi) S2 Pendidikan Fisika, Muris Cei, hari ini (12/9) meninggalkan luka bagi keluarga besar Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM), terkhusus bagi Direktur PPs UNM, Jasruddin.

Jasruddin mengatakan, sosok almarhum Muris dikenal pekerja keras. Tekad kuatnya untuk kuliah menjadikannya sebagai duta daerah.

“Beliau pekerja keras. Latar belakang kami mirip dari daerah terpencil lalu ke Makassar menjadi duta daerah karena saat itu masih kurang anak dari daerah yg bisa dan mau kuliah mengejar mimpi,” katanya.
Guru besar Fisika ini menceritakan, sosoknya yang pekerja keras juga dilihat dari kegigihannya telah mengajar diberbagai tempat untum membiayai kuliah S1 nya.

“Beliau telah mengajar di berbagai tempat. Karena memang beliau hanya mendapatkan biaya secukupnya dari kerabat yang juga bukan yang berkecukupan,” kisahnya saat dihubungi via Whatsapp.

Kerja kerasnya berbuah manis, ia berhasil melanjutkan studi magister di Institut Teknolodi Bandung (ITB) hingga berhasil menyelesaikan program doktor di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Perancis.

“Ketika almarhum studi S2 di ITB, setahun mendahului saya, catatan kuliah beliau yg amat rapih dengan tulisan indah yg merupakan salah satu ciri beliau sejak S1, sangat membantu saya dan teman karena beliau sangat ikhlas memberikannya,” kenangnya.

Tak sampai disitu, pasca menyelesaikan program doktornya, almarhum langsung mengabdikan dirinya di UNM.

“Setelah selesai studi S3 beliau langsung kembali mengabdi ke UNM, padahal bisa saja dia tinggal utk bekerja sebagai Tenaga Post Doct selama dua tahun dengan imbalan setara dengan gaji orang eropa yang jumlahnya sangat menggiurkan bagi orang yang money oriented,” tutur Pria Lebih lanjut pria kelahiran Matano, 22 Desember 1964 ini.

Jasruddin bercerita, beberapa hari sebelum menghembuskan nafas terkahirnya, almarhum sangat bekerja keras mengurus Program Studi (Prodi) baru yang dipimpinnya kini.

“Selama di PPs UNM, beliau allout mengurus Prodi yang dipimpinnya bahkan akhir-akhir ini beliau sudah keliling ke berbagai instansi terkait untuk mempromosikan Program Studi Fisika (Ilmu Murni) yang izin penyelenggaraannya baru saja diberikan oleh Kemenristek Dikti,” akunya. (*)


*Reporter: Nurul Charismawaty S

Share and Enjoy !

0Shares
0 0