Wartawan Kompas, Soelastri Soekirno saat memberikan materi tentang kepenulisan dan berbagi pengalaman mengenai dunia kewartawanan. (Foto: Muh. Agung Eka - Profesi)
Wartawan Kompas, Soelastri Soekirno saat memberikan materi tentang kepenulisan dan berbagi pengalaman mengenai dunia kewartawanan. (Foto: Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM –┬áMencari berita, mengolah dan menginformasikan kepada seluruh sivitas akademika adalah tugas utama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Universitas Negeri Makassar (UNM). Dengan adanya lembaga ini, seluruh informasi di kampus pencetak guru ini bisa tersalurkan dengan baik. Berikut beberapa kelebihan bakal kamu dapatkan di lembaga kuli tinta ini.

1. Melatih Kepenulisan
Menjadi seorang jurnalis tentu tak lepas dari persoalan menulis. Informasi yang disuguhkan media dimulai dari pengumpulan data yang dilakukan oleh reporter hingga dikemas dalam bentuk tulisan. Bergelut dengan liputan menjadi santapan para buruh tinta, secara langsung kamu akan terlatih dan terbiasa untuk menulis. Bahkan untuk mengerjakan tugas kuliah pun kalian akan merasa mudah.

2. Training
Sebagai mahasiswa yang masih awam dengan jurnalis, tentunya belum mengetahui teknik menulis berita. LPM Profesi akan menghadirkan pemateri yang bergelut di media setiap minggu untuk memberikan in house training di Redaksi. Sehingga dengan adanya training setiap minggu dibarengi praktik liputan setiap hari membuat kalian bisa menjadi jurnalis kampus dengan cepat.

3. Banyak Link
Selain meliput dan menulis berita, dengan status wartawan kampus, kalian akan memiliki banyak link baik di lingkup UNM maupun diluar. Hal ini dikarenakan kalian sering mencari informasi dan meliput di semua tempat dan kalangan. Mulai dari mahasiswa, dosen, pejabat kampus, artis, bahkan presiden hingga menterinya pun kalian bisa berwawancara langsung jika mereka bertandang ke UNM.

4. Kunjungan media
Salah satu agenda rutin LPM Profesi adalah melakukan kunjungan di beberapa media di Makassar baik meria cetak, online maupun broadcasting. Hal ini untuk memperluas serta menambah pengetahuan pengelola seputar jurnalistik.

5. Diklat di Luar Sulawesi
Untuk menambah skill dan pengetahuan, kalian akan dikirim untuk belajar, berkenalan, dan berdiskusi dengan pengurus pers mahasiswa se Indonesia. LPM Profesi memberikan kesempatan bagi kamu untuk bersaing di lingkup yang lebih luas.

Nah, tunggu apalagi! LPM Profesi tempat kamu belajar, wadah kamu menghimpun pengetahuan, pers mahasiswa pencetus jurnalis handal. LPM Profesi membuka pendaftaran bagi kamu yang ingin bergabung menjadi wartawan kampus. Pendaftaran dibuka sejak 8 Agustus hingga 24 September mendatang. More info, hubungi 085391182488 (Nurul Atika). (*)


*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0