UKM Pramuka saat melakukan upacara memperingati hari pramuka yang ke-56 di Pelataran Menara Pinisi, Senin (14/8) - (Foto: Andi Asoka Ulfa)
UKM Pramuka saat melakukan upacara memperingati hari pramuka yang ke-56 di Pelataran Menara Pinisi, Senin (14/8) – (Foto: Andi Asoka Ulfa)

PROFESI-UNM.COM – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan upacara dalam rangka memperingati hari Pramuka ke-56. Prosesi tersebut berlangsung di Pelataran Menara Pinisi, Senin (14/8).

Hari gerakan pramuka yang diperingati setiap tanggal 14 Agustus merupakan salah satu ajang napak tilas sejarah kepramukaan yang telah hadir di Indonesia semenjak masa penjajahan Belanda tepatnya tahun 1961.

“Gerakan kepanduan sebagai cikal bakal gerakan kepramukaan sudah ada sejak penjajahan Belanda. Jadi sudah dipahami filosofi gerakan pramuka lahir dari bangsa dan kebudayaan Indonesia,” ujar Ketua gugus depan pramuka pangkalan UNM, Taufiq Nasir.

Kepala Laboratorium Teknik Sipil ini menambahkan, sejalan dengan tema “56 tahun gerakan pramuka memimpin bangsa: bekerja bagi kaum muda demi mewariskan yang terbaik bagi bangsa” agar pramuka bisa mendidik pemuda berkarakter.

“Mendedikasikan gerakan pramuka agar tetap konsisten dan fokus dalam mendidik kaum muda sehingga menjadi pemuda berkarakter,” tambahnya.

Ketua Umum UKM Pramuka, Reflin Entengo, berharap dengan gerakan pramuka akan terlahir pemuda-pemuda yang berdedikasi tinggi. “Agar kiranya pramuka kedepannya jaya selalu dalam segala tantangan dan pula menjadi panutan bagi semua generasi. Karena di pramuka itu dibentuk mental, fisik serta kreatifitas”, ujarnya. (*)


*Reporter: Karmila

Share and Enjoy !

0Shares
0 0