Mahasiswa KKN PPM UNM saat mengajar masyarakat Bulukumba membuat kerupuk. (Foto: Ist)
Mahasiswa KKN PPM UNM saat mengajar masyarakat Bulukumba membuat kerupuk dari rumput laut – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Negeri Makassar (UNM) gelombang kedua melakukan pelatihan manajemen usaha produksi rumput laut. Selain itu, mereka juga memperkenalkan alat pengolah rumput laut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Salemba Kecamatan Ujungloe, Bulukumba, Sabtu (5/8).

Koordinator desa (Kordes) Salemba, Agung Din Eka Hidayat mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan petani mengolah rumput laut. Sehingga bisa menghasilkan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

“Petani disini setelah panen langsung menjual rumput laut secara mentah. Sehingga nilai jualnya rendah,” katanya.

Lanjut, mahasiswa Jurusan Fisika ini menambahkan, selain mengajar mengolah rumput laut, ini juga salah satu cara memperkenalkan alat budidaya rumput laut.

“Kita melakukan demonstrasi alat yang akan digunakan untuk mengelolah rumput laut,” tambahnya.

Salah satu warga Desa Salemba, Canin, mengungkapkan, masyarakat di desa tersebut belum tahu mengolah rumput laut. Sehingga melalui kegiatan mahasiswa seperti ini, mereka merasa sangat terbantu.

“Pelatihan seperti ini sangat bagus, dan sangat bermanfaat bagi masyarakat disini. Kami sudah bisa mengolah rumput laut menjadi kerupuk dan stik,” ungkapnya. (*)


*Reporter: Ayu Ananda Pratiwi

Share and Enjoy !

0Shares
0 0