Tim robot mahasiswa FT UNM saat mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di kantor pusat teknologi penerbangan Bogor, Jawa Barat (19-21/7) lalu - (Foto: Ist.)
Tim robot mahasiswa FT UNM saat mengikuti workshop yang dilaksanakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di kantor pusat teknologi penerbangan Bogor, Jawa Barat (19-21/7) lalu – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tiga tim Roket mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) bakal mengikuti babak final Kompetisi muatan roket dan roket Indonesia-Kompetisi muatan balon atmosfer (Kumorindo-Kombat). Kompetisi tersebut akan digelar di Bandung, Jawa Barat pada 22 hingga 25 Agustus mendatang.

Ketiga tim roket FT UNM yang akan bertanding tersebut yakni, kategori Muatan Balon Atmosfer, Muatan Roket, dan Roket Electric Ducted Fan (EDF).

Ketua tim kategori reaktor, Haswan Ibrahim membeberkan bahwa tim robot FT ini telah mengikuti workshop. Mereka diberi bekal materi sekaligus mempersentasikan poster alat masing-masing tim. Workshop ini dilaksanakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di kantor pusat teknologi penerbangan Bogor, Jawa Barat (19-21/7) lalu.

“Kita telah mengikuti workshop di Bogor sebagai pembekalan materi kepada peserta. Kita akan ikut babak final Agustus nanti,” bebernya.

Mahasiswa angkatan 2013 ini menambahkan banyak tahap yang dilewati untuk bisa lolos ke babak final. Tahap tersebut seperti seleksi proposal, evaluasi tahap satu, dan laporan perkembangan melalui video.

“Semua ini tak lepas dari dukungan pembimbing serta birokrat yang telah mendukung,” tambahnya.

Adapun tim roket dari berbagai perguruan tinggi yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (UDMS), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan Telkom University (TU) turut bartanding dalam kegiatan tersebut. (*)


*Reporter: Nurul Atika