Rumah Kos - (Foto: Int.)
Rumah Kos – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Memilih indekos atau yang sering disebut kos merupakan rutinitas bagi mahasiswa baru yang sedang dalam perantauan meneruskan pendidikan. Namun, memilih kos terbilang gampang-gampang susah karena banyak hal yang perlu kamu pikirkan sebelum kamu memutuskan tempat yang akan menemani malam-malam mu menyelsaikan studi selama kuliah.

Siap tidak siap, kamu harus memulai petualangan menjadi perantau sebagai mahasiswa. Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memilih kosan yang bakal kamu huni untuk sementara waktu, kita simak yuk!

1. Strategis
Kosan yang strategis merupakan aspek pertama yang sangat penting. Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan, pilihlah kosan yang terbilang dekat dengan Kampus, Pasar, Masjid, Warung makanan dan sebagainya. Setidaknya bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 5-10 menit ke Kampus agar kamu mudah menjangkau hal-hal yang kamu butuhkan, tanpa harus mencari kendaraan lagi.

2. Memiliki Ibu kos/Penjaga kos
Meskipun sosok Ibu kos terdengar seram, namun dengan kehadiran Ibu kos bisa mengontrol aktivitasmu selama di kos. Ibu kos juga bisa menambah rasa aman kamu di kos jika ada sesuatu.

3. Fasilitas kamar
Kamar kos yang baik itu tidak sempit namun juga tidak terlalu luas. Sekitar 3×3 meter sudah jadi tempat yang pas buat kamu menghabiskan waktu. Selain itu pilihlah kamar yang memiliki jendela sehingga sirkulasi udara di dalam kamar tidak pengap.

Perhatikan juga listrik, cari kos-kosan yang tidak perlu menambah listrik karena namanya mahasiswa pasti akan membawa banyak barang elektronik seperti laptop, setrika hingga rice cooker.

4. Fasilitas lingkungan kos
Setelah fasilitas dalam kamar sudah cocok kamu juga perlu mengecek fasilitas di luarnya. Seperti kamar mandi, apakah bersih atau tidak, airnya mengalir terus atau tidak. Selain itu jika kamu membawa kendaraan, faslitas seperti garasi yang luas juga harus ada.

5. Harga
Setelah melihat-lihat fasilitasnya Kamu harus pertimbangkan juga harganya. Beberapa kos biasanya menerapkan harga per tahun, per tiga bulan dan per bulannya. Sebagai pemula lebih baik kamu pilih harga per bulan atau tiga bulan untuk mengetahui lingkungan masyarakat di kosmu. Setelah betah Kamu bisa lanjutkan untuk harga setahun.

6. Aman dari kriminalitas
Setelah harga, lokasi strategis, dan fasilitas yang memadai, tidak lupa pastikan daerah tempat yang akan kamu tinggali itu adalah lokasi yang cukup aman. Pun kamu sudah menemukan tempat yang aman, ada baiknya kamu tetap berjaga-jaga. Kamu bisa memasang kunci tambahan di pintu kamar.

Selain itu, kamu juga tidak boleh lalai dengan membiarkan pintu atau jendela kamar terbuka begitu saja ketika kamu tidak ada di dalam kamar. Simpan barang-barang berharga kamu di tempat yang tersembunyi dan di tempat yang tidak mudah untuk dilihat orang lain.

7. Area kos yang bersih
Kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting, apabila area kos kamu tidak bersih maka akan mudah terjangkit penyakit bahkan kamu juga akan merasa risih. Kebersihan akan m embuatmu nyaman dan tenang

Itulah beberapa tips sederhana yang mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu dalam memilih kos-kosan yang kamu butuhkan. Semoga dapat membantu. (*)


*Nurul Atika