Peserta jalur mandiri 2018 saat mengikuti ujian tulis, di Gedung Flamboyan FIS - (Foto: Dokumen - Profesi)
Peserta jalur mandiri saat mengikuti ujian tulis, Selasa (11/7) di Gedung Flamboyan FIS – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Sebanyak 5.521 peserta mengikuti ujian tertulis Penerimaan Mahasiswa Baru jalur Mandiri (PMBM) Universitas Negeri Makassar (UNM) Selasa (11/7).

Ujian tersebut berlangsung di Kampus UNM Parangtambung dan Gunungsari.

“Sebanyak 5.521 yang medaftar dan mengikuti tes tertulis, dan yang akan diterima hanya 30%,” kata Rektor UNM Husain Syam.

Artinya hanya sekitar 1.600 orang yang akan lolos. “Jadi untuk jalur mandiri tahun ini yang akan diterima hanya sekitar 30%,” jelas Husain Syam, di Rumah Makan Ujung Pandang, usai melakukan pantauan langsung tes jalur mandiri.

Ia pun menambahkan kuota penerimaan jalur mandiri bisa saja lebih dari 30% disebabkan adanya pendaftar pada jalur Seleksi Bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tidak ikut pada tahap pendaftaran ulang.

Diketahui sekitar 20% calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan lolos pada jalur SBMPTN namun tidak mengikuti tahap pendaftaran ulang. Rencananya akan dialihkan ke jalur mandiri untuk memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru 2017-2018.

“Jadi untuk memenuhi kuota penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini yang telah ditetapkan sebanyak 5.500 orang. Jadi sisanya (baca: kuota SBMPTN) kita alihkan ke jalur mandiri,” jelasnya.(*)


*Reporter: Dasrin