Ayu Purnama dan timnya bersama masarakat Bangkala usai membuat sumur resapan di samping rumah warga pada bulan Mei lalu. - (Foto: Ist.)
Ayu Purnama dan timnya foto bersama dengan masyarakat Bangkala usai membuat sumur resapan di samping rumah warga pada bulan Mei lalu. – (Foto: Ist.)

PROFESI-UNM.COM – Tiga Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasil membuat inovasi baru melalui Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Inovasi ini yaitu dengan membuat sumur resapan di Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto. Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Ayu Purnama sebagi ketua kelompok, Abdul Wahid Muhsin dan Fahmi Nur Muhammad sebagai anggota.

Ayu Purnama selaku ketua kelompok mengatakan, Masyarakat di Kecamatan Bangkala masih kesulitan untuk mendapatkan air bersih. Butuh perjalanan yang cukup jauh untuk mendapatkannya. Oleh karena itu, mahasiswa FT ini membuat inovasi sumur resapan untuk mengatasi masalah tersebut.

“Masyarakat Bangkala masih sulit mendapatkan air bersih yang layak karena air tanah di daerahnya masih mengandung kadar garam yang tinggi. Sehingga mereka mengambil air bersih ditempat yang cukup jauh,” katanya saat memaparkan inovasi PKM mereka yang lulus didanai oleh Dikti.

Lanjut, Ia menambahkan, sumur resapan ini bertujuan untuk menampung air bersih di daerah tersebut sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah.

“Masyarakat pada umumnya mendapatkan air dengan cara diangkut dari tempat yang cukup jauh. Padahal ada cara yang lebih efektif yaitu menampung air hujan menggunakan sumur resapan,” tambahnya.

Mahasiswa angkatan 2015 ini berharap masyarakat bisa melihat langsung serta menerapkan sumur resapan ini di rumah mereka masing-masing. Sehingga kehidupan mereka lebih sejahtera dengan adanya sumber air bersih.

“Masyarakat Bangkala menerapkan sumur resapan di rumah mereka masing-masing agar tidak ada lagi yang kesulitan air besih untuk keperluan sehari-hari,” harapnya. (*)


*Reporter: Anggi Prakasi