Ilustrasi mudik lebaran. - (Foto: Int.)
Ilustrasi mudik lebaran. – (Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Tak terasa libur lebaran akan tiba. Rencana mudik ke kampung halaman tercinta sebentar lagi akan terealisasi. Bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi, mudik mungkin akan terasa lebih nyaman.

Namun untuk beberapa alasan, mudik dengan kendaraan umum juga kerap jadi primadona pemudik. Salah satunya adalah tak harus lelah mengendarai kendaraan sendiri. Kamu hanya perlu duduk manis dan menunggu sampai di kota tujuan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut tips yang bisa kamu terapkan demi mudik aman dan nyaman walau dengan kendaraan umum.

1. Pastikan keadaan tubuh kamu sehat
Perjalanan panjang membutuhkan kondisi badan yang prima. Pastikan kamu dalam kondisi fit sebelum memulai perjalanan jauh.

2. Periksa kondisi kendaraan kamu
Pastikan kendaraan kamu apakah mobil atau motor siap digunakan untuk perjalanan jauh. Sangat direkomendasikan untuk membawa kendaraan kamu ke bengkel resmi untuk periksa secara menyeluruh.

3. Daftar barang bawaan
Beberapa hari sebelum berangkat, buatlah daftar barang-barang yang akan dibawa. Daftar barang bawaan akan meminimalisir kemungkinan lupa. Buatlah daftar dimulai dari barang-barang yang paling penting, penting, kurang penting, dan tidak penting.

4. Simpan nomor darurat di telepon seluler
Nomor darurat sangat penting, seperti kantor polisi di wilayah yang akan dilintasi atau kota tujuan. Agar lebih mudah dan lebih aman, kamu dapat mendownload aplikasi Matakota jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan bantuan pertolongan dengan cepat.

5. Baterai dan pulsa
Telepon seluler kini tak bisa dilepaskan dari kehidupan kita. Pastikan baterai dan pulsa telepon seluler kamu dalam kondisi penuh. Jangan sampai terjadi, dalam keadaan darurat telepon kamu tidak bisa digunakan. Pastikan bahwa kamu terus menjaga barang-barang berharga.

6. Jadwalkan perjalanan
Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh merasa mengantuk atau lelah. Minimal beristirahatlah setelah 3 jam berkendara. Apabila sedang berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

7. Bawa uang tunai secukupnya
Selama perjalanan mudik, kita tidak akan tahu apakah akan bertemu ATM atau tidak di sepanjang jalan. Sebab itu, siapakan uang tunai, karena tidak semua toko menyediakan mesin debit dan kartu kredit. Sebelum jalan, lakukan perhitungan kasar pengeluaran yang akan kita habiskan selama di perjalanan. Hitung dari pengeluaran besar hingga kecil termasuk biaya makan, parkir, tol, tolet, dan lain sebagainya.

8. Hiburan
Macet adalah rintangan utama yang tidak mungkin kamu hindari dalam perjalanan mudik. Ada baiknya kamu mempertimbangkan untuk membawa barang-barang yang sekiranya dapat menghibur dari kebosanan. Koleksi kaset, CD, MP3 atau buku biasanya jadi teman setia dalam perjalanan.

9. Membawa obat-obatan
Dalam perjalanan mudik lebaran, pastikan juga menyediakan obat-obatan seperti balsem, obat sakit kepala, fresh care/minyak kayu putih, dan obat-obatan lainnya yang bisa digunakan ketika mulai merasa pusing.

10. Membawa cemilan
Siapkan makanan dan minuman sebelum berangkat. Sebaiknya tidak membeli makanan sembarangan di pinggir jalan.

11. Istirahat
Setelah tiba ditujuan, pastikan anda beristirahat yang cukup sebelum melakukan silaturahmi berkeliling rumah untuk menemui sanak saudara. (*)


*Nurul Atika