(Foto: Int.)
(Foto: Int.)

PROFESI-UNM.COM – Siapa bilang kuliah hanya membuang-buang waktu dan menghabiskan biaya yang begitu besar? Selama kita mampu memanajemen waktu dengan baik, maka bukan hal yang tidak mungkin untuk menjadi mahasiswa yang berpenghasilan bukan? Menjadi mahasiswa mandiri tentunya ingin kita lakukan, terutama bagi mahasiwa laki laki.

Intinya ada pada diri kita, karena semua tergantung dari niat yang kita bangun dari awal untuk tidak bergantung pada kedua orang tua dan sudah sewajarnya hal ini kita lakukan mengingat usia yang semakin dewasa yang tidak harus terus menerus berpangku tangan pada orang lain, mulailah hidup mandiri. Disini saya akan berbagi tips sederhana kepada teman-teman untuk bisa memulai hidup dengan mandiri.

Niat
Sebelum mulai sesuatu apapun itu harus diawali dengan niat. karena dengan niat, akan ada dorongan dalam diri untuk tidak bergantung pada orang lain.

Berkawan dengan orang yang setujuan
Maksudnya adalah carilah orang orang yang telah hidup dengan mandiri. Mereka bisa menjadi pemotivasi bagi diri kita karena kita dapat berbaur dengan mereka. Dengan begitu secara tidak langsung kemandirian akan tertular kedalam diri kita.

Cari kesibukan yang bermanfaat
Dalam hal ini, kita bisa mencari pekerjaan yang tidak mengganggu jam perkuliahan ataupun bisa juga dengan aktif berorganisasi dalam/luar kampus kita masing-masing. Hal ini dapat menambah wawasan kita dalam memanajemen waktu keseharian kita.

Tidak banyak berkeluh kesah
Mengeluh memang hal yang wajar bagi manusia, tapi jangan pada setiap permasalahan yang dihadapi. Berpikirlah terlebih dahulu, tenang dan kita akan menemukan solusi atas permasalahan yang kita hadapi. Semakin banyak kita menemukan solusi untuk permasalahan kita, maka kita semakin siap menjadi orang yang mandiri.

Susun sebuah rencana masa depan
Setiap niat, tujuan, rencana, atau hal yang ingin kita capai, hendaknya kita telah menyusunnya dengan baik. Tulis dalam sebuah catatan dan sesering mungkin kita melihatnya karena terkadang, kita cenderung melupakan tujuan kita sehingga semangat untuk mencapainya semakin berkurang

Berani hidup sulit
Berani hidup dalam kesulitan, karena tentunya ketika kita masih membangun sebuah kemandirian, maka kita dihadapkan dengan hidup yang pas-pasan. Tapi jangan khawatir, selama proses yang kita jalani ada banyak manfaat yang akan kita peroleh yang membuat semakin dewasa dalam berpikir dan bertindak. Intinya adalah nikmati semua prosesnya, rasakan, dan belajarlah dari waktu yang telah berlalu

“HIDUP MANDIRI MEMANG KERAS, TAPI KEDEWASAAN BERPIKIR DAPAT MELUNAKKANNYA”. (*)


*Penulis adalah Muhammad Ramadhani, Mahasiswa Program Studi D3 Akuntansi