Beberapa Mahasiswa saat mengunjungi pameran di Gedung FSD, Kamis (15/6). - (Foto: Wahyudin - Profesi).
Beberapa Mahasiswa saat mengunjungi pameran tunggal Muhammad Azhar  di Gedung FSD, Kamis (15/6). Р(Foto: Wahyudin РProfesi).

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain (FSD) Universitas Negeri Makassar (UNM) Muhammad Azhar berhasil membuat patung dari kain bekas, karyanya tersebut ditampilkan melalui pameran tunggal bagi karyanya. Acara ini berlangsung di FSD selama 3 hari, Rabu hingga Kamis (14-16/6).

Karya yang dipamerkan terdiri dari patung berbahan dasar kain bekas, ilustrasi, serta lukisan. Mahasiswa angkatan 2013 ini mengaku bahwa idenya membuat patung berasal dari rasa emosi terhadap beberapa orang yang membuang cetakan dan hanya menjadi sampah.

“Awalnya saya berpikir, bagaimana caranya membuat suatu karya yang tidak menghasilkan sampah, jadi saya mendapat ide dari emosi terhadap orang yang membuang cetakan. Lalu saya kumpulkan kain bekas kemudian mengolahnya dengan fiber serta cat,” akunya.

Lanjut, pria asal Bone tersebut menambahkan dalam pembuatan patung, ia hanya memerlukan waktu sekitar seminggu. Waktu penyelesaiannya tidak memerlukan waktu yang lama bagi dirinya.

“Patung yang saya buat tidak terlalu lama, saya membuatnya setiba pulang dari KKN itu termasuk juga dalam proses pengeringan patung, dan untuk karya ilustrasi yang hitam putih saya hanya butuh waktu semalam untuk menyelesaikannya,” tambahnya.

Azhar juga menunjukkan karya ilustrasi gambar Ayah dan Ibunya yang terbuat dari kuningan tembaga dengan bingkai begitu elegan, ia mengaku dana yang diperoleh dalam pembuatan karyanya dibantu oleh beasiswa Bidikmisi.

Adapun judul patung yang diberikan diantaranya, Sang Pengemis Tua, Ninja-Ninja Bertarung, Bermain Air, serta The Ne. (*)


*Reporter: Nurul Atika

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0