Rektor UNM, Husain Syam saat memberikan sambutan dalam memperingati Israj Miraj Nabi Muhammad SAW 1438 H di Masjid Nurul Ilmi UNM,. Kamis (27/4) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Rektor UNM, Husain Syam saat memberikan sambutan dalam memperingati Israj Miraj Nabi Muhammad SAW 1438 H di Masjid Nurul Ilmi UNM,. Kamis (27/4) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) berencana akan menambah jalur penerimaan mahasiswa baru. Jalur tersebut ialah jalur prestasi yang akan dikhususkan bagi penghafal Alquran. Hal ini disampaikan Rektor UNM, Husain Syam saat memberi sambutan pada peringatan Isra Miraj di Masjid Nurul Ilmi UNM, Kamis (24/4) lalu.

“Saya ingin ada jalur prestasi, yang saya maksud di sini prestasi ketika dia mampu menghafal 30 Juz Alquran,” bebernya.

Menurutnya, saat ini sivitas tak hanya harus melek teknologi. Calon mahasiswa baru pun diminta memiliki karakter beriman dengan mengikuti kegiatan keagamaan. “Jadi ini juga untuk mengajak generasi muda agar tidak harus tahu tentang smartphone atau gadget, kita juga harus bisa untuk mengaji,” pesannya.

Guru Besar Teknologi Pertanian ini mengaku telah berniat membuka jalur prestasi ini sejak lama. Ia pun ingin membicarakan hal tersebut secara serius. Guru Besar Teknologi Pertanian ini juga menyebutkan sejumlah perguruan tinggi negeri yang telah lebih dahulu membuka jalur prestasi serupa. Di antaranya ialah Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

Bahkan, Husain menawarkan bagi pelajar untuk bebas memilih semua jurusan di UNM dengan persyaratan menghafal 30 juz Alquran. “Yang bisa menghafal langsung bebas tes,” katanya.

Pria asal Polman ini pun menargetkan agar jalur prestasi dapat terealisasikan pada penerimaan mahasiswa baru 2018 mendatang. (*)

*Tulisan ini terbit di Tabloid Profesi Edisi 213