Ruang Karya Ilmiah Perpustakaan Universitas Negeri Makassar (UNM) dilalap api, Sabtu (20/5) sore tadi - (Foto: Ist)
Ruang Karya Ilmiah Perpustakaan Universitas Negeri Makassar (UNM) dilalap api, Sabtu (20/5) sore tadi – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Kebakaran terjadi di Ruang Karya Ilmiah Perpustakaan UNM, Sabtu (20/5) sore tadi. Kejadian tersebut diduga berawal dari korsleting listrik.

Kepala UPT Perpustakaan UNM, Oslan Jumadi berada di tempat saat kejadian. Ia menceritakan, ia bersama pegawai perpustakaan sedang mengerjakan pipa air yang bocor di toilet lantai 3 Perpustakaan UNM sekira pukul 16.20 WITA. “Kita kaget melihat ada kepulan asap keluar dari ruang karya ilmiah,” tuturnya.
Guru Besar Ilmu Biologi ini bersama rekannya pun seketika menuju ruang karya ilmiah yang sedang dilalap api. “Kami bertindak membuka pintu dan berusaha memadamkan sambil meminta tolong ke mahasiswa yang ada di lantai 1,” jelasnya.
Untungnya, kebakaran yang terjadi tidak meluas ke ruangan lainnya. “Alhamdulillah, Allah swt memberi pertolongan bahwa kebakaran tidak sampai meluas. Ruangan lainnya aman,” ujarnya.
Sivitas yang sempat menyaksikan kejadian inj pun turut membantu dalam proses pemadaman api. “Terima kasih pada adik-adik mahasiswa yang membantu memadamkan, Pak Tangsi dan Pak Jati Waluyo (Pegawai Perpustakaan) dan Pak Abdi (Satpam) yang membantu memadamkan api,” imbuhnya.
Satu unit PC, tiga unit AC, dua meja kerja, dan sembilan skripsi terbakar akibat kejadian tersebut. Kondisi ruang karya ilmiah pun perlu diperbaiki ke depannya. “Ruang karya ilmiah tidak dapat digunakan untuk beberapa minggu ke depan,” tandasnya. (*)


*Reporter: Awal Hidayat