Mahasiswa Fakultas Teknik UNM foto bersama warga Pundatta Baji Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep usai melakukan realisasi PKM-M (14/5). (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknologi Pertanian Universitas Negeri Makassar (UNM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) olah limbah cangkang rajungan menjadi pakan bandeng.

Kegiatan tersebut merupakan realisasi Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) melalui pelatihan bagi warga Pundatta Baji Kecamatan Labbakang Kabupaten Pangkep (14/5).

Melihat daerah tersebut, terdapat banyak limbah rajungan yang tidak dimanfaatkan, Irma Yulianti bersama tim berinovasi mengajak masyarakat mengatasi limbah salah satunya limbah cangkang rajungan yang diolah menjadi pakan bandeng serta meningkatkan produktivitas ikan bandeng.

“Alhamdulillah, dengan kegiatan ini masyarakat akan sadar dengan limbah cangkang rajungan bisa dimanfaatkan sebagai pakan sehingga masyarakat tidak membuang limbah di laut yang dapat menyebabkan lingkungan tercemar,“ katanya.

Mahasiswa angkatan 2014 ini menambahkan program berjudul Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Pundatta Baji Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep dengan Pemanfaatan Limbah CAKAR (Cangkang Rajungan) sebagai bahan baku pembuatan Pakan Bandeng untuk meningkatkan Produktifitas Bandeng” dapat menambah pengetahuan tentang pembuatan pakan serta membantu warga membuka wirausaha yang ada disekitar kelurahan dengan membuat olahan dari bandeng.

“Produktifitas bandeng yang meningkat, kemudian dilakukan disertivifikasi produk seperti membuat otak2 lalu dijual dan dipasarkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga desa,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua RT Keluarahan Pundatta Baji menyambut dengan antusias kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. Menurutnya ,dengan kegiatan ini dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan khususnya lingkungan laut.

“Sangat berterima kasih kepada mahasiswa UNM yang memberikan pengetahuan.baik dari pembuatan pakan sampai dengan pembuatan dari olahan dari bandeng,” ucapnya. (*)

*Reporter: Nurul Charismawaty S