Foto bersama pimpinan UMN dengan Pemkab Majene. (Foto: Ist)
Foto bersama pimpinan UMN dengan Pemkab Majene. (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Rektor Universitas Negeri Makassar, Husain Syam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Majene. Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dilakukan dalam rangka kunjungan supervisi Kuliah Kerja Nyata dan Program Pengalaman Lapangan (KKN-PPL) Angkatan XIV di Kantor Bupati Majene, Sabtu (13/5).

Husain Syam menjelaskan, Kabupaten Majene merupakan salah satu sentra pendidikan di Provinsi Sulawesi Barat. Hal tersebut mendukung perlunya pengembangan kerja sama dengan UNM.

“Karena Kabupaten Majene merupakan kota pendidikan, maka tidak ada alasan bagi UNM untuk tidak menjadikan Kabupaten Majene sebagai mitra UNM dalam berbagai program kerja, hubungannya dengan pendidikan”

Adapun Isi ruang lingkup MoU meliputi peningkatan dan pemberdayaan SDM melalui pendidikan dan pelatihan dalam berbagai jenjang, kajian dan penelitian yang bersifat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat untuk pembangunan daerah. Poin selanjutnya ialah pengabdian pada masyarakat yang relevan dengan kebutuhan pmeram pembangunan wilayah yang berorientasi pada teknologi kerakyatan dengan kewirausahaan.

Pria asal Polman ini menjelaskan, sejumlah program kerja akan dikembangkan di kabupaten ini. “Salah satu di antaranya adalah Bakti Sosial yang sudah pernah dilaksanakan di daerah Jeneponto dan daerah Sulawesi Selatan lainnya,” bebernya.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan, kerja sama yang dilakukan akan bersifat menyempurnakan program kerja yang diusung oleh mahasiswa KKN-PPL UNM. “Kegiatan KKN-PPL terfokus pada aktivitas di sekolah, sehingga tentu program kerjanya berfokus juga pada sekolah bukan pada masyarakat” tandasnya. (*)

*Reporter: Awal Hidayat