Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara saat berfoto bersama dalam seminar yang bertemakan “Optimalisasi Fungsi dan Peran Pemerintah dalam Pemerataan Pembangunan di Daerah Bulukumba” di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (9/5) - (Foto: Awal Hidayat - Profesi)
Mahasiswa Prodi Ilmu Administrasi Negara saat berfoto bersama dalam seminar yang bertemakan “Optimalisasi Fungsi dan Peran Pemerintah dalam Pemerataan Pembangunan di Daerah Bulukumba” di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (9/5) – (Foto: ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM) angkatan 2014 mengikuti seminar di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (9/5). Kegiatan tersebut bertemakan “Optimalisasi Fungsi dan Peran Pemerintah dalam Pemerataan Pembangunan di Daerah Bulukumba”.

Ketua Prodi Ilmu Administrasi Negara, Muhammad Guntur mengatakan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menuntut prodi menggabungkan konsep teori dengan praktik di lapangan dengan adanya perubahan kurikulum. Pelaksanaan seminar tersebut juga sebagai salah satu tugas mata kuliah Administrasi Pembangunan.

Ia juga menuturkan, Bulukumba terpilih menjadi lokasi seminar karena dinilai memiliki potensi sumber daya alam dalam pembangunan daerah. “Bulukumba memiliki potensi yg luar biasa sehingga mahasiswa tertarik untuk mengkaji pembangunan yang ada di daerah Bulukumba,” bebernya.

Selain itu, penyelenggaraan pemerintahan daerah ini juga dinilai baik karena memperoleh penghargaan dengan Kinerja Terbaik 11 Nasional oleh Kementerian Dalam Negeri.

Guntur menjelaskan, seminar ini dilakukan dalam rangka mempromosikan Prodi Administrasi Negara di Kabupaten Bulukumba. “Sebagai Ketua Prodi, saya mengajak mahasiswa untuk turun ke daerah, bukan turun ke jalan,” tuturnya.

Program studi yang ia pimpin, lanjut Guntur, memiliki peminat yang banyak mencapai 846 pendaftar, padahal kuota yang diterima hanya 60 orang.
Terakhir, ia mengharapkan adanya kerja sama antara pihak prodi dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba dengan penandatangan Memorandum of Understanding. (*)


*Reporter: Awal Hidayat