Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Romario Basirung saat berfoto bersama dalam Seminar Bank Indonesia Institute di Jakarta pada 8 hingga 10 Mei - (Foto: Ist)
Mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Romario Basirung saat berfoto bersama dalam Seminar Bank Indonesia Institute di Jakarta pada 8 hingga 10 Mei – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM РMahasiswa Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muhammad Romario Basirung menjadi pembicara dalam seminar Bank Indonesia Institute (BINS). Kegiatan ini berlangsung di Jakarta pada 8 hingga 10 Mei.

Pria yang disapa Mario ini menjadi pembicara dengan tema “Economic Leadership For Regional Government Leaders”. Seminar ini dihadiri oleh sejumlah Walikota, Bupati, dan Kepala Perwakilan Kantor Bank seluruh Indonesia.

Ia mengaku, telah 14 kali menjadi pembicara dalam sebuah seminar. “Alhamdulillah ini sudah yang ke-14 kalinya menjadi pembicara, untuk skala nasional, ditambah organisasi lain juga,” ujarnya.

Dalam kesempatannya, ia membawakan materi tentang e-APBDes yang menunjang partisipasi masyarakat untuk pembangunan desa. Untuk menyampaikan progress project kegiatan terhadap masyarakat.

Mario juga menambahkan, untuk menjadi pembicara dibutuhkan beberapa persiapan yang harus dikuasai sebelumnya.

“Passion menulis, public speaking, communication skill, attitude, dan kalau jadi pemateri yah harus selalu punya ide untuk disampaikan,” tambahnya.

Adapun kegiatan serta pemateri yang pernah diikutinya, diantaranyaForum Diskusi Unesco, British Council Indonesia, Youth Parlement Forum. (*)


*Reporter: Nurul Atika