Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Minggu (7/5) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI), Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Minggu (7/5) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik¬†Indonesia (RI), Zulkifli Hasan memberikan kuliah umum di Universitas Negeri Makassar (UNM). Kegiatan dengan tema “Merawat Indonesia yang Majemuk Melalui Penanaman Nilai Konsensus Dasar Kebangsaan di Perguruan Tinggi” ini digelar di Ruang Teater Lantai 3 Menara Pinisi, Minggu (7/5).

Pria asal Lampung ini mengatakan, mahasiswa merupakan komponenyang penting dalam membantu sosialisasi masalah terkait merawat Indonesia yang Majemuk. Menurutnya, mereka mestinya paham dengan kondisi sekarang dan melakukan perubahan.

“Mahasiswa memahami lebih jauh karena tidak ada kejadian yang terlepas dari pengaruh mahasiswa, karena mahasiswa merupakan agen perubahan,” katanya.

Zulkifli juga berpesan agar mahasiswa bisa lebih jeli dalam melihat kondisi. Tak hanya itu, mereka diharapkan menjadi pemersatu bangsa dengan sadar akan paham Pancasila dan UUD 1945. Sebab, ideologi tersebut menjunjung tinggi adanya toleransi.

“Mahasiswa bisa menjadi penyambung lidah, memilih dengan penuh kesadaran tahu apa yang mereka pilih,” harapnya. (*)


*Reporter: Ayu Ananda Pratiwi