Terlihat mahasiswa Jurusan Biologi duduk di luar ruangan untuk mengikuti perkuliahan, Jumat (5/5) - (Foto: Ist)
Terlihat mahasiswa Jurusan Biologi duduk di luar ruangan untuk mengikuti perkuliahan, Jumat (5/5) – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan
perkuliahan di luar ruangan. Sempitnya ruangan menjadi penyebab sebagian mereka harus duduk diluar.

Salah satu mahasiswa, Asraful Ashar menyayangkan hal tersebut. Pasalnya, kondisi ini terus berlangsung di tiap hari Jumat saat mata kuliah Genetika Molekuler. Banyaknya  mahasiswa yang ikut memaksa sebagian dari mereka harus duduk di luar.

“Saya yang duduk diluar istilahnya dapat dikatakan merasa malu melihat bagaimana pandangan mahasiswa lain yang lewat di samping saya, mungkin mereka berpikiran kenapa mahasiswa disimpan di luar,” bebernya.

Sementara itu, Dosen Mata Kuliah Genetika Molekuler, Yusmina Hala menyebut bahwa jumlah ruangan yang tersedia tak diatur dengan baik. Sehingga, seringkali tak mendapat bagian di kelas dengan kapasitas yang luas.

“Jadi mestinya memang jumlah mahasiswa yang banyak harusnya ditempatkan di ruang yang besar, sebenarnya kan kita punya ruang di bawah (FF 103) yang lebih luas, cuma tidak tahu diaturnya seperti apa sehingga kita mendapat ruangan yang kecil,” keluhnya.

Lanjut, jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliahnya mesti dibagi menjadi dua kelas. Agar dapat menampung seluruh mahasiswa yang memprogram ulang mata kuliah tersebut.

“Peserta mata kuliah yang banyak dikarenakan perubahan kurikulum dari yang sebelumnya diprogram oleh mahasiswa pada semester genap menjadi mata kuliah pada semester ganjil sehingga terdapat dua angkatan yang memprogram mata kuliah tersebut secara bersamaan, ditambah beberapa senior yang kembali memprogram ulang mata kuliah tersebut. Kelas dibagi dua, jadi tidak seperti ini,” ujarnya. (*)


*Rahmat Baharuddin. Penulis merupakan Reporter LPM BIOma Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM. Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di sini