Calon mahasiswa saat melakukan registrasi ulang SBMPTN di Auditorium Amanagappa, UNM. (Dok. Profesi)
Calon mahasiswa saat melakukan registrasi ulang SBMPTN di Auditorium Amanagappa, UNM. (Dok. Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pihak panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri memutuskan untuk memperpanjang masa pendaftaran hingga 9 Mei nanti. Pasalnya, kondisi di sejumlah daerah di Indonesia sulit mengakses informasi dan melakukan pendaftaran.

Dikutip dari keterangan tertulis pantia, Jumat (5/5), Ketua Panitia SBMPTN 2017, Ravik Karsidi menjelaskan, beberapa daerah yang masuk dalam kategori terdepan, terluar, dan tertinggal masih sangat kesulitan dalam mengakses website resmi SBMPTN untuk proses pendaftaran. Sehingga, ini menjadi perhatian bagi pihak panitia bagi pendaftar yang berada di wilayah tersebut.

“Memperhatikan dinamika khususnya akses di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal dalam pelaksanaan pendaftaran SBMPTN 2017, maka panitia pusat mengumumkan secara resmi perpanjangan waktu pembayaran biaya seleksi dan pendaftaran,” kata Ravik.

Sementara itu, pembayaran akan ditutup hingga 8 Mei nanti. Untuk itu, ia mengimbau agar pendaftar untuk secepatnya menyelesaikan proses pendaftaran. Hingga saat ini, pendaftaran SBMPTN 2017 telah mencapai 745.176 orang.

“Kepada pendaftar SBMPTN yang sudah membayar di bank dan belum melakukan proses penyelesaian sampai certak kartu, agar segera memanfaatkan waktu perpanjangan,” tuturnya.

Pengumuman ini juga dapat dilihat website resmi Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenritstek Dikti) dengan mengakses http://dikti.go.id. (*)


*Muh. Agung Eka S