Jpeg
Himpunan Mahasiswa Mesin menggelar pembukaan Mesin Bina Desa di Jurusan Teknik Mesin FT UNM, Rabu (3/5) (Foto:Dasrin-Profesi)
Himpunan Mahasiswa Mesin menggelar pembukaan Mesin Bina Desa di Jurusan Teknik Mesin FT UNM, Rabu (3/5) (Foto:Dasrin-Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Makassar (UNM) melakukan kegiatan Mesin Desa Binaan (Sindesbin). Kegiatan berlangsung di Desa Pattaneteang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng, Kamis – Minggu (4-7/5) mendatang.

Ketua Umum HMM, Muhammad Said Sidik mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun SDM desa dalam bidang teknologi dan pengelasan. Timbal baliknya, Sindesbin juga menjadi wadah dalam mengaplikasikan keterampilan dan pengetahuan yang diperoleh di kampus. “Kami mau membangun desa melalui ilmu pengetahuan yang kami miliki,” jelasnya.

Lebih lanjut, mahasiswa angkatan 2013 ini menjelaskan, Desa Pattaneteang terpilih karena melihat penghasilan masyarakat dapat dikembangkan oleh mahasiswa Jurusan Teknik Mesin melalui Teknologi Tepat Guna (TTG) yang dimiliki. Terdapat tiga alat yang dibawa dalam kegiatan ini, yaitu mesin pemotong singkong, mesin pelepas tanduk kopi dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). “Untuk mesin yang lainya hanya diperkenalkan saja lewat foto,” bebernya.

Ia pun berharap kegiatan dengan mengusung tema “Membangun Kreativitas dan Inovasi dalam Solidaritas Sesama Mewujudkan Desa Binaan HMM FT UNM” ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa. “Harapan ke depannya bagaimana kami bisa memberikan yang lebih baik lagi kepada desa ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan (PD III) FT, Bakhrani Rauf berpesan agar kerja sama antara daerah dapat memberikan kemudahan bagi lembaga kemahasiswaan dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. “Kita berharap agar semua lembaga kemahasiswaan mempunyai desa binaan masing-masing,” harapnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Dasrin