Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di depan Menara Pinisi, Selasa (2/5) - (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar upacara bendera dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di depan Menara Pinisi, Selasa (2/5) – (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM РUniversitas Negeri Makassar (UNM) memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei melalui pelaksanaan upcara bendera. Kegiatan ini berlangsung di depan Menara Pinisi, Selasa (2/5).

Dalam sambutan seragam Kementrian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (kemenrisetdikti) yang dibacakan oleh Rektor UNM, Husain Syam menjelaskan, peringatan Hardiknas tidak hanya sekedar memperingati hari lahir Bapak Pendidikan Nasional, yakni Ki Hajar Dewantara. Akan tetapi sebagai waktu untu membenahi pendidikan.

“Peringatan Hardiknas ini juga sebagai momentum refleksi dari upaya, yang telah dan sedang dilakukan dalam pelaksanaan berbagai program peningkatan mutu pendidikan tinggi di indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan, Hardiknas kali ini mengangkat tema “Peningkatan Relevansi Pendidikan Tinggi Untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi”. Guna memfokuskan pendidikan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Perguruan tinggi juga diharapkan dapat menjawab kebutuhan sumber daya manusia dalam bidang ekonomi.

“Tema ini dipilih agar dalam pelaksanaan Tri Dharma pendidikan tinggi, dapat lebih memperhatikan dampaknya terhadap bidang ekonomi. Perguruan tinggi juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta industri,” tuturnya.


*Reporter: Faisal Fajar