Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar. (Foto: Dok.Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) mengeluhkan minimnya koleksi buku di Perpustakaan UNM. Buku referensi yang dibutuhkan kerap tak tersedia di perpustakaan.

Hal tersebut dikeluhkan oleh salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi, Nusaibah Ummu Imarah. “Sering kali kami mencari buku untuk mata kuliah, tapi terkadang buku di sana tidak ada yang sesuai dengan kurikulum,” bebernya melalui komentar akun facebooknya di laman fanpage Profesi.

Ia pun meminta pihak Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UNM agar menambah koleksi buku. “Buku-buku di perpustakaan universitas ditambah koleksi barunya dong, kita butuh banyak referensi bacaan,” pintanya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala UPT Perpustakaan UNM, Oslan Jumadi mengatakan, sudah tersedia ribuan buku di perpustakaan UNM. “Buku yang diterbitkan oleh semua dosen UNM, semuanya sudah ada di Perpustakaan UNM. Jadi sudah disiapkan semua materi atau judul yang kemungkinan dibutuhkan oleh mahasiswa,” katanya saat ditemui di ruangannya, Gedung Perpustakaan UNM lantai 2, Jumat (28/4).

Ia menyarankan kepada pengunjung perpustakaan, agar tidak hanya mencari buku di lemari, tetapi mencari di katalog website perpustakaan. Pencarian melalui cara itu dinilai lebih cepat dan lengkap.
“Harus buka dulu katalog kalau mau mencari buku biar gampang. Jika ke perpustakaan, tanya saja dimana katalog opac, pasti diarahkan oleh pegawainya. Kemudian website resmi perpustakaan universitas yaitu perpustakaan.unm.ac.id,” tambahnya.

Guru Besar ilmu Biologi tersebut juga meminta kepada mahasiswa untuk menulis judul buku beserta identitasnya jika tidak ditemukan melalui katalog. “Kalau sudah mencari buku tapi tidak ada, tulis pesan bahwa saya mencari buku ini kemudian masukkan ke kotak surat supaya diperadakan,” tutupnya. (*)

[divider][/divider]

*Reporter: Wahyudin

Share and Enjoy !

0Shares
0 0