Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar di Pelataran Gedung Science Square pada 27 April – (Foto: Dasrin – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Negeri Makassar (UNM)┬ámengajak mahasiswa untuk donor darah. Kegiatan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan darah ini digelar di Pelataran Gedung Science Square pada 27 April.

Ketua Bidang III, Muhammad Aswar Arif mengatakan, donor darah tersebut untuk menambah persediaan darah. Dengan ini, kebutuhan darah untuk masyarakat dapat terpenuhi. Pasalnya, ketersediaan stok darah yang sering kehabisan sehingga membuat masyarakat harus mencari pendonor.

“Karena biasa di PMI kota atau BIMKES habis stok darah, makanya kita juga membantu,”jelasnya.

Lanjut, mahasiswa angkatan 2013 ini menjelaskan, dalam donor darah ini tidak semua darah bisa diambil. Sebelumnya, harus di deteksi untuk memastikan darah tersebut layak. Sebab, darah yang terjangkit penyakit  HIV, hepatitis A dan B dapat menular.

“Hal inilah yang membuat harga darah mahal karnah harus melalui beberapa tahap, dan alat yang digunakan untuk mendeteksi satu kali pakai,” jelasnya.

Ia pun berharap agar selalu bisa membantu kebutuhan masyarakat dan UNM selalu siap untuk mendonasikan darah ke PMI. “Kita harap kegiatan seperti ini bisa di pertahankan,” harapnya.(*)


*Reporter: Dasrin