Peserta yang telah lolos SNMPTN 2016 saat melakukan verifikasi berkas di Auditorium Amanagappa, Selasa (31/5). Selanjutnya, Peserta SNMPTN akan mengikuti tes keterampilan di FIK hari ini, Rabu (1/6). (Foto: Muh. Agung Eka S - Profesi)
Peserta yang telah lolos SNMPTN 2016 saat melakukan verifikasi berkas di Auditorium Amanagappa, Selasa (31/5). Selanjutnya, Peserta SNMPTN akan mengikuti tes keterampilan di FIK hari ini, Rabu (1/6). (Foto: Muh. Agung Eka S – Profesi)

PROFESI-UNM.COM – Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Universitas Negeri Makassar (UNM), Muharram menyebut bahwa banyaknya pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2017 yang gagal┬álolos lantaran nilai rapor SMA se-derajat mereka yang tidak mencukupi.

Pasalnya, indikator jalur SNMPTN merupakan nilai rapor SMA. Jika nilai yang didapat tinggi maka kemungkinan besar mendapat peluang untuk lolos.

“Kan lebih tinggi nilainya yang lulus,” katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (27/4).

Sementara itu, Guru Besar Kimia Organik ini mengaku, tidak akan melakukan pencarian bagi pihak sekolah yang memanipulasi nilai rapor bagi pelajarnya. Ia mengatakan, pendaftar yang telah lolos merupakan pelajar yang  telah berkerja keras kala menjalani proses studi di sekolah selama tiga tahun.

“Kita tidak ada sekolah yang diblacklist, tidak ada,” akuinya.

Lanjut, ia mengatakan, pendaftar yang gagal dapat mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk kembali mendapat kesempatan masuk di UNM. (*)


*Reporter: Muh. Agung Eka S