IKA Geografi FMIPA UNM menggelar pelantikan ketua yang dirangkaikan dengan seminar yang berlangsung di Gedung Serba Guna LPMP Sulawesi Selatan, Sabtu (22/4) - (Foto: Ist)
IKA Geografi FMIPA UNM menggelar pelantikan ketua yang dirangkaikan dengan seminar yang berlangsung di Gedung Serba Guna LPMP Sulawesi Selatan, Sabtu (22/4) – (Foto: Ist)

PROFESI-UNM.COM – Dalam rangka membantu pembangunan ekonomi, Ikatan Alumni (IKA) Geografi FMIPA UNM turut mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) alumni. Hal ini diungkapkan Sekertaris Jenderal (Sekjen) IKA Geografi UNM, Rahmat Hidayat dalam pelantikan di Gedung Serba Guna LPMP Sulawesi Selatan, Sabtu (22/4).

“Kualitas SDM memiliki peranan sangat strategis dalam menyokong pembangunan pada berbagai sektor,” jelasnya.

Rahmat Hidayat, mengatakan pelantikan tersebut bertujuan sebagai ajang silaturahim antar alumni geografi IKIP UNM serta menjembatani para alumni berklasifikasi fresh graduate dan mahasiswa bisa mendapatkan gambaran dunia kerja.

“Agar Alumni nantinya bisa terserap pada semua segmen, sehingga melalui pengorganisasian alumni secara professional ini, berbagai macam peluang dan kesempatan akan dapat terkomunikasikan dengan baik,” katanya.

Rahmat berharap alumni mampu menciptakan lapangan pekerjaan sebagai media silaturahmi dengan pihak universitas, terutama jurusan geografi dalam membentuk dan menetapkan kurikulum. Hal ini diperlukan mengingat alumni adalah pihak yang bersentuhan dengan dunia luar universitas dalam menerapkan ilmu yang pernah didapatkan.

“Alumni diharapkan mampu memberi gambaran proyeksi realitas dunia kerja dan peluang pengembangan lapangan kerja, sehingga kurikulum dapat disusun lebih berdasarkan realitas nyata sebagai bekal ketika adik-adik mahasiswa telah menyelesaikan studinya dan lebih siap menghadapi dunia yang penuh dengan tantangan dan persaingan,” harapnya.

Dalam kegiatan ini, Abdul Halim Muharram dilantik menjadi Ketua IKA Geografi dan dirangkaikan seminar. (*)


*Reporter: Wahyudin