Logo resmi SNMPTN (Foto: Int)

PROFESI-UNM.COM – Pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2017 meningkat drastis. Berdasarkan data Panitia Pusat SNMPTN 2017 tercatat 893.323 orang yang telah lulus syarat satuan pendidikan.

Sementara di tahun 2016 lalu, jumlah pendaftar terhitung 645.202 orang, dengan total 18.005 sekolah yang lolos seleksi dan berhak mendaftar SNMPTN.

Setelah melalui tahap penyeleksian yang berlangsung sejak 15 Maret hingga 15 April, saat ini tahap percetakan kartu tanda peserta yang berakhir 14 April mendatang. Untuk itu Panitia Pusat SNMPTN 2017 mengimbau kepada siswa SMA/SMK/MA agar segera mencetak kartu tanda kepesertaannya untuk bukti mengikuti seleksi.

Lain hal, kuota SNMPTN tahun ini pun berkurang 10% dari tahun sebelumnya. Ditetapkan 30% dari total daya tampung setiap program studi. Meski demikian, setiap Rektor diberikan kewenangan penuh untuk menambah persentasenya sesuai dengan kekhasan masing-masing kampusnya.

“Perguruan Tinggi Negeri boleh dan bisa menambahkan kuota SNMPTN dan SBMPTN. Mereka bisa menambahkan hingga 40% bahkan 50%. Hal tersebut tergantung kebijakan perguruan tingginya. Yang penting adalah kuota Ujian Mandiri (UM) tidak boleh melebihi 30%,”
ucap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) M. Nasir di acara peluncuran SNMPTN Januari lalu. (*)

Sumber: Belmawa.ristekdikti.go.id


*St. Aminah